Tampilan Desktop


Mendagri : Penundaan DAU Tidak Akan Pengaruhi Perencanaan Pemerintah Daerah
102 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA -Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan keputusan pemerintah untuk menunda penyaluran dana alokasi umum (DAU) ke 169 kabupaten/kota, tidak akan menggangu perencanaan pemerintah daerah. Hal itu dikatakan dalam acara persiapan Asean Games di Kemenko PMK.

 Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

“DAU ini hanya ditunda pembayarannya, tidak akan ganggu perencanaan,” ungkapnya di Gedung Kemenko PMK Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2016).

Menurutnya, pemda dan DPRD akan diminta lebih arif untuk merevisi dan menunda kembali proyek dan RKPD yang belum dilelang. Diharapkan dalam empat bulan terakhir ini lebih, pemda realistis dan bisa optimal menyerap anggaran.

Meskipun penyaluran DAU ditunda, namun Tjahjo mengaku tetap optimis antara DPRD dan Kepala Daerah dapat bijaksana dalam menata. “Kemarin saya kumpulkan semua yang penting skala prioritas, infrastruktur, kesejahteraan rakyat dan hal-hal yang berkaitan dengan gaji pegawai tidak terbengkalai,” ucapnya.

Untuk diketahui bahwa Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk daerah yang mengalami penahanan DAU hingga mencapai Rp. 217.391 M. Besaran penundaan DAU pada September – Desember dibagi berdasarkan perkiraan posisi saldo kas akhir tahun, sangat tinggi, tinggi, cukup tinggi, dan sedang. (B)

 

Reporter : Rezki Apriani
Editor   : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com