Menkopolhukam Tekankan Persiapan Matang Untuk Pilkada Serentak 2018

53
Menkopolhukam Tekankan Persiapan Matang Untuk Pilkada Serentak 2018
PILKADA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menekanan persiapan yang matang jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

Menkopolhukam Tekankan Persiapan Matang Untuk Pilkada Serentak 2018 PILKADA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menekanan persiapan yang matang jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017). (Rizki Arifiani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menekanan persiapan yang matang jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Menurutnya, Pilkada sejatinya sedang memilih pemimpin masa kini dan masa depan oleh sebab itu Pilkada sangat penting dan strategis.

“Pentingnya posisi Pilkada dalam eksistensi kita, maka tidak bolehn main-main. Oleh karena itu Pilkada harus secermat-cermatnya karena akan menetukan nasib Indonesia ke depannya,” papar Wiranto dalam Rapat Persiapan Pilkada Serentak 2018 yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

Wiranto memaklumi bahwa masalah yang dihadapi dalam Pilkada sangat banyak. Hal ini merupakan konsekuensi dari demokrasi yang terus berjalan dan mengatur manusia selalu dinamis.

Pihaknya menyatakan butuh koordinasi yang matang antara rakyat sebagai pemilik demokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) termasuk Pemerintah sebagai penyelenggara, dan di sisi lain ada aparat kemanan.

“Dengan demikian tugas yang kita hadapi harus dikoordinasi, sinkronkan, rakyat, calon yang akan dipilih, parpol yang sebenarnya punya tugas luar biasa, merekrut, menyeleksi calon pemimpin, dan penyelenggaraan pemilu jangan sampai salah,” lanjut wiranto.

Oleh karena itu Wiranto menekankan peran masing-masing pihak dalam menjalankan pemilu hendaknya dilaksanakan sungguh-sungguh dan baik.

“Kita tahu partai politik tentu menampilkan calon-calon yang baik, tetapi parpol juga punya obsesi untuk menang, dan terkadang bertabrakan,” pungkas Wiranto yang juga merupakan mantan pimpinan partai politik.

Yang menjadi masalah adalah kekalahan dalam Pilkada membuat rasa sakit tersendiri sehingga kemenangan sudah menjadi harga mutlak bagi calon. “Nah harus menang inilah yang jadi masalah. Saya tidak menyebut golongan-golongan mana, menampilkan calon yang punya popularitas kemenangan walaupun misalnya kompetensi jadi pemimpin sangat rendah,” pungkas Wiranto.

Acara rapat persiapan Pilkada ini dihadiri oleh seluruh KPU dan Bawaslu serta 171 kepala daerah peserta Pilkada serentak 2018. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor Tahir Ose

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini