Tampilan Desktop



Mentan Anggarkan Rp 2 Triliun Bangun Pabrik Gula di Konsel
487 Dibaca

Mentan Anggarkan Rp 2 Triliun Bangun Pabrik Gula di KonselTINJAU LAHAN – Menteri Pertanian (Mentan) Sulaiman saat berkunjung ke Kabupaten Konsel untuk melakukan peninjauan lahan tanaman tebu bersama gubernur, bupati, dan investor. Hal ini dilakukan guna membangun pabrik gula di wilayah itu. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Menteri pertanian (Mentan) Amran Sulaiman telah menyetujui pembangunan pabrik gula di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra). Tidak tanggung-tanggung, Mentan menggelontorkan dana senilai Rp. 2 triliun untuk mempersiapkan pembangunan pabrik tersebut.

Mentan Anggarkan Rp 2 Triliun Bangun Pabrik Gula di Konsel

Amran Sulaiman

Hal itu disampaikan Mentan usai meninjau lahan tanaman tebu di Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konsel. Arman menilai kualitas tanaman tebu yang ada di wilayah Konsel itu sangat subur, dan hasilnya baik sehingga sangat baik jika pemerintah membuat perusahaan pabrik gula sendiri di wilayah Sultra. Selasa (1/7/2017).

Amran menjelaskan, setiap tahunnya Indonesia mengimpor kurang lebih satu juta ekor sapi, dan mengimpor gula kurang lebih tiga juta ton. Menurutnya, hal itu sangat luar biasa besarnya, dan untuk itu sangat menelan biaya anggaran negara yang besar.

“Solusinya adalah membangun pabrik gula 10 pabrik, sekarang sudah ada empat yg sudah selesai masih ada enam dan insha allah kita usahakan satu di sini,” ungkap Amran.

Lebih lanjut Amran menjelaskan, untuk kesiapan anggaran dirinya telah menunjuk beberapa investor yang akan melaksanakan pembangunan pabrik gula tersebut. Namun, dirinya belum bisa memutuskan kapan waktu pembuatan pabrik itu dimulai karena beberapa persiapan persyaratan masih harus dilengkapi.

Mentan Anggarkan Rp 2 Triliun Bangun Pabrik Gula di Konsel

“Kalian harus Doakan segera, Kita masih punya waktu dua tahun lagi, anggaran sudah Ada Rp. 2 triliun siap digunakan, tinggal kalian mau atau tidak kebiajakan ini dijalankan,” ungkapnya.

Dikatakan Amran, potensi yang harus digarap saat ini dan membutuhkan waktu adalah gula dan sapi, tentunya harus bersinergi dengan tiga kabupaten yakni kabupaten Bombana, Kolaka dan Konsel. Hal itu dimaksud untuk mensukseskan integrasi gula dan sapi menuju daerah swasembada pangan dan daging.

Sementara itu, bupati Konsel Surunuddin Dangga sangat berterima kasih kepada Mentan atas perhatian lebih yang diberikan kepada daerahnya untuk kesejahteraan masyarakat kabupaten Konsel.

Mentan Anggarkan Rp 2 Triliun Bangun Pabrik Gula di Konsel

“Kita sangat bersyukur atas bantuan yang terus diberikan pak menteri kepada kita, tentu ini tidak terlepas dari usaha kita sebagai pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Surunuddin.

Untuk diketahui Menteri Pertanian dijadwalkan besok, Rabu (2/7/2017) sebelum kembali ke Jakarta juga akan mengunjungi kabupaten Konawe kepulauan dan Bombana untuk melihat langsung ratusan hektar lahan yang akan ditanami jagung. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free