Tampilan Desktop


Menuju Pilkada Damai, Kesbangpol Butur Gelar Diskusi Politik
40 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dalam rangka mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Buton Utara Sulawesi Tenggara, badan kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) setempat menggelar diskusi politik bertajuk “Melalui Diskusi Politik Mari Ciptakan Pilkada Damai yang Bersih dan Berkualitas di hotel Sara’ea City Butur, Jumat (23/10/2015).

Kepala Badan Kesbangpol Butur Sirajudin mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk memberi pencerahan kepada semua pihak, baik pihak penyelenggara pemilu maupun tingkatan bawah agar memiliki kesamaan persepsi tentang pelaksanaan pilkada yang kondusif dan damai.

“Butur ini kan oleh masyarakat luar yang ditahu rawan dengan potensi konflik. Untuk itu perlu adanya diskusi semacam ini sebagai upaya bersama agar jalannya pilkada berjalan baik dan damai. Dengan penyamaan persepsi ini bagaimana pemilu yang profesional dan akuntabel,” terang Sirajudin.

Menurut Sirajudin, pilkada Butur memiliki banyak persoalan yang membutuhkan adanya penjelasan dari pihak penyelenggara. Sehingga ke depan potensi konflik dapat dicegah.

“Dengan adanya diskusi seperti ini semua itu bisa langsung dipertanyakan dan diskusikan langsung secara bersama-sama,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Panwas Butur Sabir menjelaskan, urgensi pengawasan partisipatif sangat diperlukan dalam suksesnya pilkada Butur. Artinya, seluruh lapisan masyarakat baik itu pemilih, penyelenggara maupun aktor dalam demokrasi itu sendiri yakni tim paslon dan paslon harus berpartisipasi. Tidak terkecuali peran pemerintah sangat diharapkan dalam menfasilitasi proses penyelenggaraan pilkada.

“Semua komponen itu harus bersinergi dan berkordinasi dengan baik tentunya mengutamakan pencegahan dari pada penindakan. Koordinasinya setiap saat antar pihak penyelenggara, saling menghargai dan menghormati dalam melaksanakan tugas sesuai etika yang telah diatur dalam undang-undang,” ujarnya.

Dalam diskusi ini Bakesbangpol Butur sukses menghadirkan pemateri Ketua KPU Provinsi Sultra Hidayatulah, salah satu komisioner KPU Kabupaten Butur Robin, Ketua Panwas Butur yang diwakili Ketua Divisi Penindakan dan Pelanggaran Sabir, serta pakar politik dari Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Eka Suaib.

Kegiatan ini juga dihadiri utusan dari perwakilan masing-masing kandidat calon kepala daerah serta berbagai tokoh masyarakat dan perwakilan lembaga kepemudaan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com