Tampilan Desktop


Meski GMT Hanya Sebagian, Badan Geofisika Imbau Warga Kendari Yang Ingin Saksikan GMT Pakai Kacamata Khusus
288 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Meski di wilayah Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara secara umum, Fenomena alam langka Gerhana Matahari Total (GMT) hanya bisa di saksikan sebagian saja, namun Badan Geofisika Kota Kendari tetap menghimbau masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya menggunakan kacamata khusus gerhana saat peristiwa Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan berlangsung pada rabu 9 maret 2016

Kepala Stasiun Geofisika Kota Kendari, Rosa Amelia mengatakan peristiwa gerhana matahari di Kendari dan wilayah Sultra umumnya nanti bisa disaksikan mulai pukul 07.28 WITA hingga 10.00 WITA.

Inilah 9 Fakta Penting Terkait Gerhana Matahari Total di Indonesia

Ilustrasi

“Hanya gelap sebagian saja untuk wilayah Kendari dan sekitarnya, peristiwa itu akan berlangsung selama beberapa menit. Jadi masyarakat yang mau menyaksikan di himbau tidak melihat langsung saat peristiwa gerhana terjadi,” jelas Rosa Amelia, Senin siang.

Menurut data Badan Geofisika Kendari, posisi gerhana mencapai 0,921 mangnitudo, artinya hanya sebagai kecil matahari akan terlihat.

Dan setelah berlangsung beberapa menit, posisi matahari perlahan-lahan akan terlihat pada pukul 10.02 WITA, dan matahari akan bersinar normal kembali.

Di Sultra sendiri, menurut Rosa fenomena alam langka gerhana matahari total pernah terjadi pada 33 tahun silam atau tepatnya pada 11 Juni 1983.

Adapun sejumlah daerah yang di lintasi peristiwa GMT adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. Namun, tidak semua daerah di provinsi itu dilintasi jalur totalitas gerhana.

 

Penulis : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com