Tampilan Desktop


Mimpi Basah di Siang Bolong Bisa Batalkan Puasa?
13 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Puasa pada dasarnya adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkannya, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu. Banyak perbuatan yang harus dijauhi oleh orang yang puasa agar tetap bernilai ibadah.

Ustad Menjawab zonasultra

Ustad Menjawab

Tenaga Pengajar di Muadz Bin Jabal Islamic Center Kendari,  Ustadz Samsul mengatakan, pada umumnya yang diketahui makan dan minum dapat membatalkan puasa. Tak hanya itu, berhubungan badan bagi orang dewasa juga bisa membatalkan puasa.

Lalu bagaimana dengan mimpi basah seorang pria di siang bolong? Samsul menjelaskan mimpi basah tidak membatalkan puasa karena dilakukan secara tidak sengaja. Berbeda halnya dilakukan sengaja seperti masturbasi dan onani maka itu membatalkan puasa.

“Dalam keadaan mimpi itukan keluar syahwat dan terpancar mani tapi tidak membatalkan,” kata Samsul di Gedung Islamic Center Muadz Bin Jabal Kendari, Selasa (7/6/2016).

Dalam Islam dihitung atau dikenakan sanksi adalah pelanggaran yang dilakukan dalam keadaan sadar. Sementara yang tak tercatat oleh malaikat sebagai pelanggaran adalah tindakan yang dilakukan dalam keadaan lupa (tak sengaja), dalam usia anak-anak (belum baligh), dan tidak waras atau gila. (B)

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com