Tampilan Desktop


Minim Armada, Pemerintah Pomalaa Kewalahan Tangani Sampah Warga
111 Dibaca

Minim Armada, Pemerintah Pomalaa Kewalahan Tangani Sampah Warga

TUMPUKAN SAMPAH – Seorang warga terlihat sedang membuang sampah di pinggir pantai Jalan Poros By Pass yang menghubungkan Kecamatan Pomalaa dan Kabupaten Kolaka, Rabu (13/7/2016). (MUH. HASRUL/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Penanganan sampah di Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara sampai saat ini belum begitu efektif. Terbukti, di beberapa lokasi seperti pantai, selokan, sungai, tanah kosong dan jalan raya, warga dengan mudah bisa menemukan tumpukan sampah.

Daeng Naba, salah seorang warga mengatakan, tumpukan sampah di pantai disebabkan kurangnya penanganan serta perhatian dari pemerintah setempat. Petugas kebersihan untuk mengangkut sampah warga juga sangat minim.

“Masyarakat buang sampah di pantai karena tidak ada tempat sampah yang memadai, padahal kita punya pemerintah dari desa hingga kecamatan untuk memfasilitasi kita dimana tempat pembuangan sampah,” kata Daeng Naba.

Sekretaris Camat Pomalaa Bahtiar Yusuf mengakui pihaknya kewalahan mengatasi sampah warga Pomalaa. Salah satu kendalanya adalah armada pengangkut sampah yang dimiliki pemerintah sangat minim.

“Truk pemuat sampah dan bak sampah hanya 1 unit,” ucapnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Pomalaa, Rabu (13/7/2016).

Menurut Bahtiar, sudah banyak warga yang mengadu terkait permasalahan sampah tersebut, namun pihaknya masih berusaha mencari solusi yang terbaik.

“Ada baiknya dibangun UPTD di Pomalaa dan semua elemen harus diajak kerjasama untuk bersinergi,” ucapnya. (B)

 

Reporter: Muh Asrul
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com