Tampilan Desktop


Momen Hari Pahlawan, Danrem Ajak Masyarakat Hargai Jasa Pejuang
25 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Peringatan Hari Pahlawan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 10 November, merupakan tonggak sejarah yang telah mencatat bahwa perjuangan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat dan terhormat bukanlah hadiah atau pemberian dari pihak manapun. Tetapi, melalui proses perjuangan yang sangat panjang, heroik, dan disertai dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pejuang dan para pahlawan pendahulu.

Makna peringatan Hari Pahlawan pun setiap tahunnya bukan hanya sekedar dalam bentuk upacara, tapi sekaligus sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat diinspirasi oleh para pejuang yang telah gugur di medan laga. Hal ini mengingatkan kembali kepada semua masyarakat  dan generasi  muda khususnya sebagai penerus cita-cita, agar nilai-nilai perjuangan yang telah dibangun tidak boleh dilupakan sampai kapanpun.

Hal itu disampaikan, Komandan Korem (Danrem) 143/ Haluoelo Kendari, Kolonel CZI Ridho Hermawan di temui awak media, Selasa (10/11/2015). Menurutnya, banyak nilai nilai yang harus diambil dari heroisme kepahlawanan para pendahulu. Seperti nilai kecintaan para Pahlawan  terhadap Tanah Air, yang rela mengorbankan jiwa dan raganya demi kepentingan negara, kesatuan Republik Indonesia serta anak cucu mereka.

“Yang kedua nilai-nilai pantang menyerahnya mereka, kita tau bahwa dulu pejuang memperjuangkan kemerdekaan itu menggunakan peralatan seadanya melawan persenjataan yang begitu modern tapi dia tidak menyerah, di situ kita tau ternyata bangsa kita ini walaupun di ancam tetap memiliki tekad yang bulat untuk tetap bisa hidup eksis” tutur Ridho, Selasa (10/11/2015).

Ia mengatakan, jika peringatan hari pahlawan tidak hanya sebatas upacara saja. “siap gerak, hormat gerak, hening cipta di mulai untuk mengenang jasa parah pahlawan, dari tahun ketahun. Percuma gitu loh kalau besoknya ribut lagi, gak ada lagi jiwanya, bangun seenak enaknya sendiri, kalau enak sendirian, kalau susah rame rame. Seharusnya kan kalau enak rame rame, kalau susah yah sendiri saja,  Ini malah kebalik. Padahal jaman dulu susah sama sama bahkan para pahlawan tidak semua mendapatkan hidup yang layak, bahkan sampai skarang banyak veteran yang hidupnya tidak layak, ingatkah kita akan itu” katanya.

“Kadang kadang saya bercerita bersama purnawiraan, veteran veteran itu di katakan, dulu kita itu sampai sakit sakitan nak sekarang kalian ingat saya hanya pada hari pahlawan saja dan hari kemerdekaan, paling juga saya dikasih apa, dipanggi di atas panggung di upacarakan d kasih uang Rp. 250 ribu, tapi kami tidak perlu itu.

Meniru kata-kata para Veteran lanjut ridho, mereka tidak pernah menyesal dan hanya ingin masyarakat menyayangi negara ini.

“coba kalian mencintai negeri ini sebagaimana kami mencintai tanah air ini dan merebut kemerdekaan pada masa lalu, skarang saya billang tidak ada kegiataan kalau tidak ada uang, bukankah itu  menyedihkan” ungkapnya.

Sebagai Komanda Korem (Danrem) 143/ Halu Oleo, Ridho berharap kepada semua pihak agar nilai nilai seperti itu dapat terjaga dan ditularkan kepada semua lapisan masyarakat. Sehingga Hari pahlawan tidak hanya menjadi  seremonial, tetapi menjadi pewarisan nilai nilai kepahlawanan masa lalu kepada generasi saat ini.

” Sebab kalau bukan kita siapa lagi yang akan mewarisi,” ujarnya

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com