Tampilan Desktop



Muhammad Zamrun Terpilih Jadi Rektor UHO
4012 Dibaca

Muhammad Zamrun Terpilih Jadi Rektor UHO Muhammad Zamrun

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Muhammad Zamrun terpilih menjadi Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari periode 2017-2021, Jumat (16/6/2017). Zamrun mengantongi 71 suara, disusul dua kandidat lainnya, masing-masing Buyung Sarita dengan 61 suara dan La Sara dengan 16 suara.

Proses pemilihan berlangsung kurang lebih empat jam. Ruangan senat mulai ditutup sekitar pukul 13.45 Wita siang tadi. Suara ini berasal dari 96 anggota senat yang hadir ditambah dengan suara Menristekdikti 35 persen atau 52 suara. Sehingga total suara senat dan menteri ada 148 suara.

Sebelumnya pada pilrek UHO tahap pertama yang digelar 13 Juni 2016 lalu, ada tiga nama yang keluar sebagai calon rektor UHO yaitu Muhammad Zamrun yang memperoleh suara tertinggi dengan 63 suara, disusul Buyung Sarita dengan 32 suara dan La Rianda dengan 12 suara.

Namun karena masalah keanggotaan senat sehingga Pilrek diundur berkali-kali. Barulah pada 31 Oktober 2016 Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menyurat kepada Ketua Senat UHO untuk segera melaksanakan tahapan pilrek. Salah satu poinnya adalah menata ulang keanggotaan senat dengan mengeluarkan 20 orang dari keanggotaan senat. Artinya tahapan pilrek dimulai dari awal.

Pada awal Februari 2017 lalu, 101 anggota senat UHO yang baru terpilih. Dan tahapan pilrek kembali digelar. Dan pada 13 Februari 2017 resmi ditetapkan ada enam bakal calon rektor yang akan bertarung yaitu Nurlansi, La Rianda, La Sara, Muhammad Zamrun, Buyung Sarita, dan La Ode Aslan, yang ditentukan berdasarkan kelengkapan berkas, serta ketepatan waktu pengumpulan berkas.

Dan pada 16 Maret 2017 dilakukanlah penyaringan bakal calon rektor UHO. Ada tiga nama yang resmi menjadi calon rektor UHO, yakni Muhammad Zamrun, Buyung Sarita, dan La Sara.

hasil_pilrek_uho

Dari hasil penyaringan itu, Buyung Sarita memperoleh 43 suara, disusul Muhammad Zamrun dengan 40 suara, dan La Sara sembilan suara. Sedangkan bakal calon lainnya yakni La Rianda yang pada tahap pertama mendapat 12 suara hanya mengantongi lima suara, Aslan dua suara, dan Nurlansi tidak mendapat satu pun suara.

Dan Hari ini ketiga kandidat calon rektor tersebut berebut 35 persen suara dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Direktorat Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Agus Indarjo. (A)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com