Tampilan Desktop


Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 18 Juni
28 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah telah menetapkan awal bulan puasa 1 Ramadhan 1436 H tahun ini jatuh pada, Kamis (18/6/ 2015). Sementara Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada 17 Juli 2015.

Demikian disampaikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam keterangan pers di Universitas Muhammadiyah Kendari, Selasa (16/6/2015).
Muhammadiyah juga telah menetapkan 1 Zulhijah jatuh 14 September 2015. Selanjutnya, hari Arafah 9 Zulhijah tepat pada 22 September 2015. Kemudian, Idul Adha 10 Zulhijah akan jatuh  23 September 2015.
Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra Muhammad Alifuddin mengatakan, penetapan awal puasa dan lebaran tersebut sesuai dengan hasil telaah hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
“Metode telaah ini merupakan cara untuk menetapkan awal puasa dan Lebaran dengan ilmu perhitungan falak atau astronomi yang menggabungkan ilmu agama dan fisika modern,” katanya.
Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sultra Abdullah Al Hadza mengungkapkan, kemungkinan besar penetapan awal puasa Muhammadiyah pada tahun ini tidak akan berbeda dengan yang awal puasa yang ditetapkan pemerintah.
“Insya Allah tahun ini penetapan awal puasa antara Muhammadiyah dan pemerintah akan sama. Tapi jka kemudian ada perbedaan saya harap masyarakat tidak perlu memperdebatkan mana yang benar dan mana yang salah karena keduanya sama-sama menggunakan perhitungan yang memiliki dalil,” terang mantan Rektor UMK Kendari ini.
Abdullah juga mengimbau kepada semua lapisan masyaralat untuk melaksanankan ibadah puasa dengan penuh kesederhanaan dan tidak perlu berlebih-lebihan. (**Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com