iklan zonasultra

Muna Kecipratan Bantuan Bedah Rumah 750 Unit

ilustrasi bedah rumah
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali menggelontorkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di kabupaten Muna.

Tak tanggung tanggung ada sekitar 750 unit BSPS bakal disalurkan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Muna. Bantuan itu dibagi dalam tiga kategori yakni bantuan Regular, bantuan Luar Negeri dan bantuan Strategis.

Plt Kepala Dinas Perumahan Muna, Ataluddin mengatakan, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2018 sebanyak 750 unit sepenuhnya dari APBN.

iklan zonasultra

“Itu tersebar di kecamatan Tongkuno, Parigi, Tongkuno Selatan, Lohia, Bone, Lasalepa, Napabalano, Pasikolaga, Kontunaga, Kabawo,” terang Ataluddin saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Selasa (4/12/2018).

Kata Ataluddin, bantuan tersebut terbagi dalam tiga kategori yakni bantuan Luar Negeri, Regular dan Strategis. “Semua memang bersumber dari APBN dengan bantuan sebesar Rp 15 juta per unit,” jelasnya.

Dirinya mengklasifikasikan bantuan bedah rumah tersebut untuk pembangunan baru sebesar Rp 30 juta, rusak ringan Rp 7,5 juta dan rusak sedang Rp 10 juta dan rusak berat sebesar Rp 15 juta.

“Bantuan ini diberikan dalam bentuk bahan bangunan sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membangun rumahnya,” tandasnya.

Meski begitu, bantuan tersebut sepenuhnya ditangani oleh Satuan Kerja (Satker) Dinas Pekerjaan Perumahan Rakyat (PUPR) Propinsi Sultra.

“Kita hanya bicara teknis yang menangani sepenuhnya ada di Propinsi termasuk anggaran. Kita hanya mendata wilayah kecamatan di Muna yang masuk kategori kumuh,” urainya.(b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib