Tampilan Desktop


Munara Foundation Kirim 2 Sarjana Ekonomi Bombana Magang di Bandung, Ini Tujuannya
163 Dibaca

Munara Foundation Kirim 2 Sarjana Ekonomi Bombana Magang di Bandung, Ini Tujuannya

Dua Sarjana – Dua sarjana ekonomi asal Bombana Ashar Syarif dan Muhammad Syahril Nur saat mendengarkan arahan dari Kawi Boedisetio, Direktur Pupuk di kantor Pupuk di Bandung. Pengiriman dua sarjana ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Bombana. (Andi Hasman/ ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Ashar Syarif dan Muhammad Syahril Nur, dua sarjana ekonomi asal Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) dikirim magang oleh Munara Foundation ke kantor Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil (Pupuk) di Bandung selama dua pekan sejak 15 Februari lalu.

Pupuk merupakan organisasi non profit yang dibentuk oleh sekelompok pelaku usaha yang punya kepedulian pada pengembangan usaha kecil. Pupuk didirikan untuk menjawab perlunya kegiatan pengembangan usaha kecil yang terintegrasi di semua lini ekonomi.

Pimpinan Munara Foundation, Kasra Jaru Munara dihubungi Zonasultra.com, Selasa (16/2/2016) mengatakan, pihaknya mengambil langkah konkrit dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia untuk menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan.

Menurutnya, pengiriman dua orang sarjana asal Bombana ini merupakan bagian untuk mempersiapkan SDM yang nantinya akan ambil bagian dalam pengembangan usaha kecil di Bombana dengan bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki Bombana.

“Usaha kecil merupakan pondasi dari konsep ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat secara luas. Dari sinilah kita harapkan ekonomi masyarakat yang kuat akan bangkit dan menjadi penyangga pendapatan asli daerah yang sekaligus akan menyerap tenaga kerja lokal. Langkah ini juga merupakan tindak lanjut dari lokakarya kewirausahaan yang dilakukan di Makassar, Kendari dan Bombana pada Oktober tahun lalu”, jelasnya.

Bakal calon bupati Bombana periode 2017-2022 ini menambahkan, Munara Foundation didirikan untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan kemampuan dan kapasitas melalui pendidikan, pelatihan dan pendampingan yang berasaskan “Think Globally Act Locally” atau berpikir global bertindak lokal.

Karsa melanjutkan, Munara Foundation nantinya akan berkolaborasi dengan Pupuk untuk menyiapkan program-program nyata di tingkat lokal yang berkesinambungan.

“Pupuk juga banyak membantu usaha kecil yang ada di seluruh Indonesia dan punya kantor operasional di Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, dan Tegal. Selain membidangi pengembangan UKM, Pupuk juga menangani implementasi CSR dan studi, riset dan survey,” paparnya.

 

Penulis: Andi Hasman
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com