Musrembang di Pomalaa, Mayoritas Kades Minta Pengaspalan Jalan

0
Musrembang di Pomalaa, Mayoritas Kades Minta Pengaspalan Jalan
MUSREMBANG KECAMATAN - Bupati Kolaka Ahmad Safei memimpin Musrembang di Kecamatan Pomalaa, Rabu, (8/2/2017). Dalam musyawarah ini mayoritas kepala desa (Kades) meminta pengaspalan jalan di desa mereka. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)
Musrembang di Pomalaa, Mayoritas Kades Minta Pengaspalan Jalan
MUSREMBANG KECAMATAN – Bupati Kolaka Ahmad Safei memimpin Musrembang di Kecamatan Pomalaa, Rabu, (8/2/2017). Dalam musyawarah ini mayoritas kepala desa (Kades) meminta pengaspalan jalan di desa mereka. (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Bupati Kolaka Ahmad Safei menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Pomalaa, Rabu (8/2/2017). Dalam musyawarah ini mayoritas kepala desa (Kades) meminta pengaspalan jalan di desa mereka.

Camat Pomalaa Sairman mengatakan, musrenbang di Kecamatan Pomalaa merupakan awal dari penyusunan RKPD Kabupaten Kolaka tahun 2018. Dimana di dalamnya terdapat beberapa program usulan mulai dari program fisik sebanyak 54 program, ekonomi 30 dan sosial budaya sebanyak 11 program.

“Dari semua usulan itu, hampir semua desa mengusulkan pengaspalan jalan,” ujar Sairman.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengatakan, tidak semua usulan masyarakat saat musrenbang itu akan dipenuhi sepenuhnya oleh Pemda Kolaka, karena masih akan disinkronkan dengan kondisi keuangan daerah.

“Karena itu musrenbang tingkat Kecamatan ini tidak boleh ada lagi usulan yang masuk di tengah jalan kecuali bencana alam,” tandasnya.

Pengalaman sebelumnya, kata Safei, musrenbang hanya jadi ajang caci maki. Karena adanya beberapa usulan masyarakat yang tidak bisa dipenuhi oleh Pemda. Sehingga, kebanyakan warga tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan musrembang.

“Pengalaman kita ketika musrenbang ada anggapan masyarakat yang berpikiran bahwa untuk apa kita ikut musrenbang sementara usulan kita tidak diterima. Itu terjadi karena pemerintah tingkat bawah dengan masyarakat itu tidak berjalan baik,” katanya. (B)

 

Reporter : Abdul Saban
Editor : Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here