Tampilan Desktop


Musrenbang, Ini Visi Kota Kendari Hingga 2025
142 Dibaca

Musrembang, Ini Visi Kota Kendari Hingga 2025

MUSRENBANG– Suasana kegiatan Musyawarah Rencana Pembangungan ( Musrenbang) kota Kendari, Senin (11/4/2016) di Grand Clarion Kendari. Kegiatan ini dihadiri oleh Muspida kota Kendari, Anggota DPRD kota Kendari serta jajaran kepala SKPD Kota Kendari. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Pemerintah kota Kendari terus menggenjot berbagai program pembangunan dalam rangka mewujudkan Kota Kendari sebagai kota layak huni atau livable city di tahun 2025.

Walikota Kendari Asrun mengungkapkan ada tiga tahapan untuk mencapai visi misi kota Kendari hingga tahun 2025.

“Tujuan akhirnya kota Kendari harus menjadi kota layak huni,” kata Asrun dalam acara Musrenbang, Senin (11/4/2016) di Phinisi Ball Room Clarion Hotel Kendari.

Ketiga tahapan tersebut dimulai dari tahapan pertama yang sudah terlaksana dari tahun 2007 hingga 2012 dengan mengusung slogan clean and green city.

Kemudian tahapan kedua yang mulai terlaksana di periode kedua Asrun yakni tahun 2012 hingga 2017 mendatang dengan mengusung smart green city.

Sedangkan untuk tahap ketiga akan mulai dilaksanakan mulai tahun 2017 hingga 2025 ke depan dengan slogan kota layak huni atau livable city.

Sehingga berikut visi dan misi kota Kendari hingga 2025 kota dalam taman (green city), kota bertaqwa (spritual city), kota maju (smart city) yang akan menjadikan kota kendari sebagai kota layak huni (livable city) dengan indikator kota berkelanjutan, maju, demokratis dan sejahtera.

Menurut Asrun, kota layak huni adalah kota yang layak bagi semua orang mulai dari kalangan anak-anak, generasi muda, lansia dan disabilitas.

Untuk menjadikan kota Kendari sebagai kota layak huni salah satu hal utama yang harus diperhatikan adalah pada segi transportasi, karena pertumbuhan penduduk akan terus bertambah.

Sehingga kedepan pertumbuhan orientasi penggunaan mobil pribadi akan dibatasi dan lebih mengutamakan penggunaan transportasi masal.

Livable City merupakan perencanaan kota, yang bertujuan menyelesaikan berbagai masalah kota yang menganggu kenyamanan kota. Dengan cara menaikan kualitas hidup  masyarakat yang tinggal  di kota tersebut  terkait dengan kemampuan mereka untuk mengakses infrastruktur (transportasi, komunikasi, air, dan sanitasi), makanan, udara bersih, perumahan yang terjangkau, lapangan kerja, ruang dan taman hijau.

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com