Tampilan Desktop


Muswil PAN Sultra, DPD PAN Koltim: Amin Rais Tekankan Hanya 1 Periode
605 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mengalami perubahan jadwal dari yang awalnya Juli 2015, berubah Desember 2015 dan diundur lagi Januari 2016. Namun perkembangan terakhir jadwal itu molor lagi, yakni Muswil partai berlambang matahari terbit itu akan digelar pertengahan Februari 2016.

Cari Pengganti Nur Alam, DPD PAN Konut Tunggu Hasil Survey

Ilustrasi

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Koltim Farida, mengakui jadwal terakhir Muswil yang diketahuinya yakni antara 19 – 20 Februari 2016. Menurutnya, pengunduran jadwal tersebut tentu merupakan kesepakatan bersama antara DPW PAN Sultra dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Mengenai wacana tampinyal kembali Nur Alam untuk menahkodai PAN Sultra (setelah 3 periode) adalah sah-sah saja. Kata Farida, batasan periode kepemimpinan di PAN tidak secara tegas dijelaskan dalam angaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

“Kalau melihat tradisi seperti di DPP itu sejak masih masih Amin Rais selalu ditekankan cukup satu periode saja, karena masih banyak kader yang bisa diberi kesempatan untuk memimpin. Di Sultra sendiri memang saat ini sebagian teman-teman masih mendukung beliau (Nur Alam), kalau dibuat lagi aturannya bisa sampai 4 periode maka bisa saja,” kata Farida melalui telepon selulernya, Selasa (12/1/2016).

Untuk Ketua PAN Sultra kedepan, lanjut Farida, pada dasarnya yang dipentingkan adalah kader. Namun demikian, kata Farida, PAN sebagai partai terbuka tidak bisa terlalu membatasi dan menutup diri agar semakin besar. Olehnya, non kader juga disilahkan untuk bersaing dalam pemilihan Ketua PAN Sultra.

Untuk diketahui, masa jabatan Nur Alam sebagai ketua DPW PAN Sultra sudah 3 periode yang kini telah berakhir. Dalam beberapa kesempatan akhir-akhir ini Nur Alam tidak pernah menyatakan penolakannya untuk kembali memimpin PAN Sultra pada periode ke – 4.

Sejumlah Ketua DPD pun pernah menyatakan dukungannya kepada Nur Alam untuk kembali memimpin PAN Sultra. Mereka adalah Bupati Buton Umar Samiun, Walikota Baubau Thamrin, Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa, mantan Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria, mantan Bupati Muna Baharuddin, Bupati Wakatobi terpilih Arhawi Ruda, dan Bupati Bombana Tafdil.

Sementara itu, sejumlah kader yang disebut-sebut akan maju di Muswil Pan Sultra yaitu Walikota Kendari  Asrun, Bupati Buton Syamsu Umar Samiun, Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Saleh, dan Anggota DPR RI asal Sultra Tina Nur Alam. Untuk non kader yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra Lukman Abunawas dan Calon Bupati Kolaka Timur Terpilih Tony Herbiansyah.

 

Penulis : Muhammad Taslim
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com