Tampilan Desktop

Nasi Kemarin Ternyata Bermanfaat Lho
14 Dibaca

Nasi yang disimpan semalaman akan mengandung kalori 60 persen lebih sedikit daripada yang baru matang. Sehingga 100 gram nasi yang tadinya memiliki 130 kalori akan turun drastis hanya 52 kalori.

Nasi yang disimpan semalaman akan mengandung kalori 60 persen lebih sedikit daripada yang baru matang. Sehingga 100 gram nasi yang tadinya memiliki 130 kalori akan turun drastis hanya 52 kalori.
Namun untuk mendapatkan nasi kemarin yang layak makan, sebelumnya Anda harus memasaknya dengan benar, menurut riset yang dijabarkan kepada American Chemical Society. 
Caranya adalah sebelum beras dimasukkan, tambahkan sedikit minyak kelapa (sekitar tiga persen dari berat beras) ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Ketika sudah masak dan dingin, masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam untuk mengurangi sejumlah besar kalori di dalamnya.
Jika nasi yang baru matang langsung dimakan, tubuh akan langsung mengubah pati menjadi gula atau glukosa.
Jika tidak dibakar, glukosa ini akan disimpan sebagai lemak. Sebaliknya, jika nasi didinginkan, patinya akan diubah menjadi pati resistan yang tidak dapat dicerna tubuh. Dengan demikian, kalori tidak akan bertambah.
“Minyak kelapa berguna untuk menghindari nasi kemarin tidak terlalu lengket dan sepertinya bisa membantu memproduksi lebih banyak pati resistan dalam nasi sehingga semakin mengurangi jumlah kalori,” kata Sam Christie, seorang ahli gizi seperti dikutip dari Dream.co.id Sabtu (18/4/2015).
Christie menambahkan, penelitian ini akan menjadi kabar yang bagus bagi para pencinta diet.
Namun memanaskan dan makan nasi kemarin dalam jumlah banyak sepertinya tidak disarankan karena bisa menyebabkan sakit.
“Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam beberapa jenis nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit,” kata Martin Goldberg, ahli mikrobiologi di Nottingham Trent University.
Goldberg menyarankan, jika ingin makan nasi kemarin yang sudah dipanaskan, sebaiknya memasak dalam jumlah kecil dan segera dimasukkan dalam kulkas agar cepat dingin. (***/)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com