Tampilan Desktop



National Geographic Tetapkan Borobudur 3 Besar Iconic Adventure
62 Dibaca

Perpres Badan Otorita Pariwisata Borobudur Sudah Diteken Presiden Jokowi Candi Borobudur

 

ZONASULTRA.COM, MAGELANG – Situs yang kerap memuat artikel dan foto geografi, sejarah, dan budaya terkemuka di dunia, National Geographic, menobatkan Borobudur di top 3 Iconic Adventure dunia. Desain dan detil candi
Budha terbesar di dunia yang rumit, dengan relief yang kaya cerita dan filosofi, serta kemegahannya, tak kalah dengan popularitas Machu Picchu di Peru dan Petra di Jordania.

Menpar Arief Yahya mengucapkan terima kasih pada NatGeo, yang menempatkan Borobudur di posisi terhormat. Karena karya budaya penuh legenda yang sudah diakui UNESCO itu memang hebat. “Kalau yang memeringkat, yang menilai hebat, kelas dunia, atas karya heritage yang kelas dunia juga, maka Itu semacam konfirmasi, bahwa Borobudur memang sudah jadi ikon dunia,” kata Arief Yahya.

Sebanyak 2.672 ukiran relief dan 600 patung dan stupa Buddha yang ada di sana juga dinilai sebagai keajaiban karya manusia. Tak bisa ditemui di belahan dunia manapun. Ditambah lagi, Borobudur sudah ditetapkan ke dalam situs warisan dunia UNESCO sebagai cagar dunia sejak 1991 silam.

Menpar Arief Yahya pun menetapkan Borobudur sebagai “Mahakarya Budaya Dunia” atau World Cultural Masterpiece. “Begitu diangkat oleh National Geographic ini menaikkan pamor Borobudur yang sebentar lagi Perpres tengan Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Borobudur akan disahkan Presiden Jokowi,” kata Menteri Arief.

Borobudur memang akan menjadi taruhan besar, untuk pengembangan destinasi 10 Bali Baru. Culturalnya bagus, world class, tapi performance nya masih jauh dari Angkorwat. Presiden Jokowi juga mempromosikan serius di Hongkong, 1 Mei 2017. Presiden juga pernah menginjakkan kakinya di kompleks candi Borobudur itu, sejak 29 Januari 2016.

Di Museum Masam Tussauds Hongkong, Presiden juga menyebut nama “Borobudur”, untuk dijadikan backgrop atas patung lilinnya. Presiden Jokowi sudah ground breaking bandara New Jogja International Airport di Kulonprogo 27 Januari 2017.

Rakor tingkat menteri di UGM Bulaksumur soal Borobudur juga sudah dilakukan oleh Menkomar Luhut B Pandjaitan, Menpar Arief Yahya, Menhub Budi Karya Sumadi, MenPUPR Basuki. Keputusannya: percepatan BOP Borobudur dengan segala solusinya.

Dengan predikat baru, top 3 Iconic Adventure dunia tersebut, maka secara otomatis akan membuat Borobudur semakin nge-hits di level dunia.

Baca Juga : Perpres Badan Otorita Pariwisata Borobudur Sudah Diteken Presiden Jokowi

“Ini sebuah kebanggaan besar. Borobudur semakin memperkuat kepercayaan diri untuk percepatan membangun pariwisata sebagai leading sector dan core economy bangsa. Kami akan terus pantau perkembangan Borobudur,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya tahu persis, bahwa ulasan National Geographic sangat penting artinya. “Ini akan mendrive pembaca setia National Geographic untuk mencari informasi seputar Borobudur. Ujung-ujungnya travelers akan makin banyak yang datang ke sana,” ungkapnya.

Dan saat ini, Borobudur sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata kelas dunia. Standar yang digunakan juga mengacu pada standard dunia. “Jika ingin menjadi global player, kita harus menggunakan global standard. Dan Borobudur punya itu,” jelas Arief. (*)

15 Iconic Adventures versi National Geographic
1. Machu Picchu, Peru
2. Petra, Jordania
3. Borobudur, Indonesia
4. Acropolis, Yunani
5. Tembok Besar, China
6. Sigiriya, Srilanka
7. Plitvice Lakes National Park, Kroasia
8. Mammoth Cave National Park, Kentucky
9. Provence’s Lavender Route, Perancis
10. Avenue of the Baobabs, Madagascar
11. Potala Palace, Lhasa, Tibet
12. Amber Fort, Jaipur, India
13. Sydney Harbour Bridge, Australia
14. Menara Miring Pisa, Italia
15. Reichstag, Berlin, Jerman

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com