Tampilan Desktop


Nelayan di Buton Dilatih Merawat Mesin
20 Dibaca

Nelayan di Buton Dilatih Merawat Mesin

Perwakilan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Provinsi Maluku (Ambon) Rosaline Sopa Helawakan S.Pi, Kabid Perikanan Tangkap Buton Jufri T, S.Kom, dan Syahbandar pelabuham perikanan Buton Abdul Rahman S. S.Pi. NANANG/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Puluhan nelayan Buton, mengikuti pelatihan perawatan mesin induk kapal, Rabu (13/4/2016) yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) bekerjasama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Provinsi Maluku (Ambon)

Perwakilan BPPP Ambon Rosaline Sopa Helawakan S.Pi, menggatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan sumber daya para nelayan.

“Tujuan itu semua terlebih dahulu kita siapkan sumber daya manusianya, serta peningkatan kualitasnya agar ketika bantuan datang mereka sudah mempunyai skil atau pengalaman untuk menggunakan bantuan itu,” ungkapnya dihadapan peserta pelatihan.

Dijelaskannya, balai latihan seperti ini hanya ada 5 di indonesia diantaranya BPPP Medan, BPPP Tegal, BPPP Bayuwangi, BPPP Bitung dan BPPP Ambon.

Karena Buton masuk wilayah kerja BPPP Ambon, maka pihaknya datang untuk melatih masyarakat, khususnya para nelayan. Tapi bukan hanya itu saja, lanjut Rosaline, pihaknya juga melatih aparatur seperti halnya penyuluh perikanan dan tenaga tehknis perikanan.

Sambung Rosaline, masing-masing balai mempunyai provinsi sebagai wilayah kerjanya, yang nantinya bisa merangkul seluruh provinsi yang ada di indonesia.

“untuk BPPP Ambon sendiri mempunyai 5 provinsi sebagai wilayah kerjanya diantaranya BPPP Ambon, BPPP Papua, BPPP Papua Barat, BPPP Maluku Utara dan BPPP Sulawesi Tenggara.

Di tahun 2016 ini, BPPP Ambon dipercayakan melatih 5.272 orang non aparatur (Nelayan), sedangkan untuk apaturnya sendiri, akan melatih 500 orang.

” Kemudian pada tahun ini juga kita diarahkan melatih serta mendukung lokasi-lokasi proritas dari kementrian kelautan dan perikanan,” ujarnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Buton melalui Kabid Perikanan Tangkap Jufri T, S.Kom, menggatakan, pihaknya merespon dan mendukung kegiatan yang dilakukan BPPP Ambon.

Sebelum melakukan kegiatan terlebih dahulu pihaknya menyurati BPPP Ambon. Ia berharap Serta dari hasil pelatihan ini, khususnya para nelayan bisa menangkap ilmu yang diberikan para pelatih dari BPPP Ambon,sehingga bisa bermanfaat.

Adapun peserta terdiri dari 2 orang mewakili tiap-tiap desa yang ada di 7 kecamatan wilayah Kabupaten Buton. (C)

 

Penulis : Nanang
Editor   : Kiki

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com