Tampilan Desktop



Nelayan Konut Terima Bantuan 10 Unit Kapal Penangkap Ikan
133 Dibaca

Nelayan Konut Terima Bantuan 10 Unit Kapal Penangkap Ikan

BANTUAN KAPAL – Kepala Dinas DKP Konut, Dedi Riyanto melakukan uji coba bantuan kapal penangkap ikan yang disalurkan kepada kelompok koperasi nelayan usaha bersama melalui Kementerian DKP Pusat.(Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan 10 unit kapal penangkap ikan berpakasitas 10 GT kepada kelompok nelayan di wilayah itu. Pemberian bantuan tersebut bertujuan meningkatkan kesejahteraan nelayan Konut.

Kepala Dinas DKP Konut, Dedi Riyanto mengatakan, bantuan yang disalurkan tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian DKP pusat sesuai pengajuan proposal yang diusul oleh kelompok nelayan. Anggaran perkapal masing-masing sekitar Rp 1 Miliyar

“Bantuanya ini diserahkan ke ketua kelompok Koperasi Nelayan Usaha Bersama (KNUB) yang didalamnya ada 10 kelompok KUBE yang terdiri 10 orang tiap kelompok. Bantuan ini untuk mempermudah nelayan kita mencari ikan dilaut dan membantu ekonomi mereka agar lebih baik lagi,” kata Dedi Riyanto saat meninjau penyaluran bantuan tersebut di Desa Toreo, Selasa (21/2/2017).

Nelayan Konut Terima Bantuan 10 Unit Kapal Penangkap IkanKata dia saat ini dari 10 unit kapal yang dianggarkan, baru dua unit yang telah disalurkan kepada kelompok KUBE yaitu, kelompok KUBE Desa Abola Kecamatan Wawolesea dan Desa Toreo Kecamatan Wawolesea.

“Sisabya 8 unit kapal segera akan disalurkan bulan depan, sudah sementara diatur. Kapasitasnya ada yang 10 GT ada yang 5 GT itu sudah dilengkapi alat penagkap ikannya,”terangnya.

Ketua KNUB, Abidi mengungkapkan, sangat senang bantuan yang diusul pada 2016 lalu itu dapat terealisasikan, dikarenakan selama ini nelayan di Konut seringkali mengalami kesulitan mencari ikan dilaut akibat minimnya fasilitas alat penangkap ikan dan armada yang mereka gunakan.

“Semoga dengan adanya bantuan ini kami para nelayan bisa hidup lebih baik lagi, ekonomi kami secara pelan-pelan bisa teratasi. Kami akan memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin,”tutupnya. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free