Tampilan Desktop



Nur Alam Instruksikan Bina Marga Segera Tangani Luapan Air di Mubar
395 Dibaca

Nur Alam Instruksikan Bina Marga Segera Tangani Luapan Air di Mubar SAFARI RAMADHAN– Kegiatan pertama safari ramadhan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam adalah melakukan peninjauan lokasi luapan air di dua Kecamatan Tiworo dan Kusambi, Muna Barat, Selasa (30/5/2017). Bupati dan Wakil Bupati Mubar LM Rajiun Tumada dan Achmad Lamani turut mendampingi Nur Alam. (Dok. Protokoler Pemprov Sultra).

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Usai melakukan peninjauan masalah luapan air di Kecamatan Tiworo dan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam langsung menginstruksikan bina marga untuk segera menangani masalah luapan air tersebut.

Menurutnya, permasalahan banjir, genangan dan luapan air terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah Sultra. Terkhusus dua kecamatan di Muna Barat ini, Nur Alam menilai hal tersebut diakibatkan saluran drainase yang tidak baik dalam kota serta terjadi pendangkalan dan penyempitan aliran sungai sehingga daya tampung berkurang.

“Jadinya air itu mengalir tidak lurus, tidak sesuai alur maka meluber dan meluap kebadan jalan dan kerumah-rumah warga bersamaan dengan air pasang laut,” ungkap Nur Alam di Rujab Bupati Mubar, Selasa (30/5/2017).

Salah satu solusi yang dapat diambil adalah melakukan normalisasi sungai dan perbaikan drainase dalam kota. Namun, salah satu langkah cepat yang dapat diambil adalah dirinya meminta dinas terkait bina marga untuk segera turun ke lapangan dan melakukan survei agar penanganannya segara dapat dilakukan.

Baca Juga : Ketika Nur Alam dan Rajiun Tumada Saling Serang Pujian

Terkait proses normalisasi, mantan Ketua DPW PAN Sultra tiga periode itu menegaskan ke depan bisa kerjasama untuk penganggaran antara pemprov dan Pemkab Mubar, meskipun perhatian pemerintah provinsi tahun 2018 untuk Muna Barat akan lebih besar dan prioritas.

Di tempat yang sama, Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada mengatakan genangan air di dua kecamatan itu juga disebabkan karena pada umumnya wilayah daratan Mubar rendah.

“Nah untuk penangannya, mungkin kita akan anggarakan di tahun depan, karena anggaran tahun ini sudah ditetapkan,” pungkas Rajiun. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com