Tampilan Desktop


Nur Alam : Konut Aset Indonesia
87 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Kekayaan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Konawe Utara (Konut), menempatkan daerah ini sebagai salah satu kabupaten yang sangat penting bagi Indonesia.

Bahkan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam menyebut daerah Konut merupakan “aset” yang sangat berharga bagi Indonesia.Seperti diketahui, Konut merupakan daerah dengan penghasil nikel terbesar di Sultra yang depositnya mencapai ratusan juta metrik ton. Selain itu, ada juga SDA lainnya seperti batu marmer, batu granit dan sejumlah bahan galian lainnya. Konut juga dikenal memiliki wilayah perkebunan sawit hingga puluhan ribu hektar.

Kekayaan SDA inilah menurut Nur Alam patut disyukuri oleh masyarakat Kabupaten Konut karena dianugerahi kekayaan alam yang melimpah oleh tuhan. Karenanya perlu pengelolaan yang baik dan bijak serta memperhatikan dampak lingkungan.

“Saat ini banyak investor dari China bahkan dunia betul-betul serius berinvestasi di Konawe Utara. Dan juga yang baru sebatas janji. Ya, tidak apa kita persilahkan saja. Tapi beberapa diantara mereka sudah konfirmasi keseriusannya, bahkan dalam waktu dekat segera membangun pabrik nikel,” kata Nur Alam saat memberikan sambutan pada rapat paripurna DPRD Konut peringatan hari ulang tahun daerah tersebut yang ke-8, Kamis (2//2015).

Dengan dukungan SDA yang melimpah, Nur Alam menyatakan Konut akan menjadi daerah industri di Sultra. “Sekarang sudah ada pabrik CPO kelapa sawit. Dan sebentar lagi akan dibagun pabrik nikel. Jadi Konut itu akan menjadi daerah industri, sehingga memiliki iklim ekonomi yang bagus,” ujarnya.

Daerah Termaju di di Sultra

Geliat pembangunan infrastruktur di Konawe Utara yang begitu pesat dibawah kepemimpinan Aswad P Sulaiman, diyakini gubernur akan menjadi daerah yang termaju di Sultra. Ia pun tak segang-segang memuji kepemimpinan Aswad yang dinilai cukup sukses membangun Konut dari keterisolasian.

rumah bupatiiNur Alam mengenang saat pemekaran Konut pada 2007 silam, daerah tersebut tergolog terisolir karena belum memadainya infrastruktur terutama jalan.

“Sekarang Konut sudah membangun jalan dua jalur dan beberapa ruas jalan lainnya di desa-desa. Ini patut kita apresiasi. Kita jangan hanya mau menyoroti sisi negatifnya saja, tapi lihat sisi positifnya,” kata Nur Alam.

Berdirinya pusat perkantoran pemerintahan di Wanggudu juga dinilai sebagai bagian dari keberhasilan pembangunan. Apalagi pusat perkantoran ini berdiri saat Aswad tak lama setelah dilantik menjadi bupati Konut periode 2011-2016.

Gubernur mengakui dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan, pemimpin daerah selalu menjadi sorotan publik, terutama lawan-lawan politik. Namun seorang pemimpin harus selalu tegar dan kuat menghadapinya.

“Saya mengajak kepada seluruh kawan-kawan DPRD, kita boleh berbeda bendera politik, tapi kepentingan daerah dan masyarakat harus diutamakan. Dalam undang-undang sangat jelas, kedudukan DPRD adalah mitra sejajar eksekutif. Jadi DPRD jangan asal bunyi menyoroti eksekutif, tapi marilah kita awasi dan duduk bersama mencari soluasi kalau ada masalah,” katanya.

Lanjutkan Kepemimpinan

jalan konuttKeberhasilan Aswad membangun Konawe Utara tak hanya mendapat pujian dari Nur Alam. Sebagai politisi, ia pun mengajak kepada seluruh masyarakat di daerah itu untuk memilih pemimpin yang serius membangun daerah pada Pilkada Desember mendatang.

“Banyak pilihan pada Pilkada mendatang, tapi kalau pilihannya itu sudah baik, ya dilanjutkan saja,” ajak poitisi PAN ini.

Nur Alam mengakui sudah punya potret siapa yang akan menjadi bupati dan wakil bupati kedepannya di Konut. Namun ia belum bersedia mengungkap figur yang dimaksudkan tersebut.

Pada pilkada nanti, suhu politik akan meningkat dan rawan terjadi konflik. Karena itu, Nur Alam mengajak seluruh elemen masyaraka untuk menjaga kedamaian demi suksesnya Pilkada nanti. (Advertorial)

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com