Tampilan Desktop


Nur Alam: Semoga Mendagri Tunda Pelantikan Surunuddin – Arsalim
1842 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam berharap pasangan calon bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga-Arsalim ditunda pelantikannya oleh Kementrian dalam negeri (Kemendagri). Hal itu menyusul beredarnya kabar jika keduanya dilantik hari ini (Rabu, 17/2/2016) di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Bupati Konut Tersangka, Gubernur: Tetap Anut Asas Praduga Tak Bersalah

Nur Alam

Nur Alam mengatakan, yang seharusnya menjadi pertimbangan penundaan pelantikan adalah status Arsalim (wakil Surunuddin) yang masih pegawai negeri. Selain itu ada masalah hukum yakni putusan Pengadilan Tinggi Tata Usana Negeri (PTTUN) Makassar tentang pembatalan pencalonan Arsalim. Kini putusan tersebut dikasasikan oleh KPU Konsel di Mahkamah Agung (MA).

“Mudah-mudahan bapak mentri (Tjahjo Kumolo) bisa kembali mempertimbangkan untuk sementara menunda pelantikan di Konsel,” kata Nur Alam di Kantor Gubernur Sultra, Rabu (17/2/2016).

Namun demikian jika ada kebijakan khusus dari Kemendagri maka itu di luar ranah pemerintah provinsi. Kata Nur Alam, pihaknya sudah melakukan proses sesuai aturan yang ada. (Artikel terkait: Nur Alam: Kenapa Bukan Mendagri Saja Yang Lantik Surunuddin-Arsalim)

Saat ini berkas usulan pelantikan masih tertahan di tingkat provinsi dan belum dilanjutkan ke Kemendagri.

“Berkas itu akan dilanjutkan ke Kemendagri jika Arsalim sudah berhenti dari pegawai negeri secara permanen dan sudah ada putusan MA,” terang Nur Alam.

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com