Tampilan Desktop


Nyaris Roboh, Kondisi pasar Molawe Tak Layak Pakai.
118 Dibaca

pasar

PASAR MOLWE-terlihat kondisi tempat pasar molawe yang berada di kecamatan molawe mengalami kerusakan.mulai dari atap,lantai dan tiang sangat rapuh dan nyaris runtuh.dan sejak berdiri dari tahun 2005 belum mendapat bantuan perehapan,walau sejak 2012 mengajukan permohonan dalam Musrembang konut,namun hingga saat ini tak kunjung terealisasikan.(JEFRI/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Para pedagang di pasar Molawe yang terletak di Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara(Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan kondisi fasilitas jualan mereka. Pasalnya, bangunan pasar tidak layak pakai dan mulai rapuh serta nyaris runtuh.

Tak hanya itu, pasar Molawe yang berdiri sejak 10 tahun ini terletak dekat pelabuhan kapal syabandar. Sejumlah pedagang dan pembeli juga khawatir dengan kondisi pasar tersebut.

Hal ini disampaikan oleh lurah Molawe, Azis S. Dia mengatakan, sejak pasar Molawe berdiri hingga kini, belum pernah direnovasi.

Pasar itu dibiayai dari dana Program pemberdayaan masyarakat mandiri(PNPM) di 2005.

“Kita dari pemerintah kelurahan sejak dari 2012 sudah mengajukan bantuan untuk perehapan bangunan di pasar molawe ini dalam kegiatan Musyawarah rencana pembambamguna (musrembang),tapi sampai saat ini tak ada realisasinya.”kata Azis, Sabtu (2/3/2016).

Dirinya, menuturkan, kondisi pasar molawe saat ini sudah tidak layak pakai, karena kondisi yang sangat membahayakan bagi pedagang.

“Kita pernah ji dapat bantuan proyek di 2014 dari Disperindakop, tapi itu mi hanya penimbunan jalan saja sepanjang kurang lebih 200 meter. Tapi di pinggir jalan saja tidak semua lokasi pasar, sehingga tetap selalu banjir kalau hujan di tambah berlumpur dan berbecek, “terang azis.

Selain itu, Aripudin seorang pedagang pakaian di pasar tersebut juga mengeluhkan dengan kondisi tempatnya menjual. Karena tak memiliki atap sebagai pelindung, juga lantai jualan sudah rapuh dan nyaris roboh.

“Saya selalu mengalami kesulitan kalau datang berjualan di sini,soalnya tempatnya biar atapnya tidak adami untuk pelindung,baru kapan naikmi matahari kita kepanasan,lebi-lebih lagi kalau hujan basah semua jualanku.kita mau tidak datang berjualan kasian,di sini ji kita cari makan,untuk kebutuhan keluarga.”ucap Aripudin dengan nada keluh.

Dengan kondisi saat ini, pemerintah kelurahan Molawe dan para pedagang yang berujalan di tempat rersebut, sangat berharapa besar kepada pemerintah Konut segera direhabilitasi tempat bangunan pasar demi kepentingan orang banyak yang datang untuk mengais rezeki di pasar Molawe. (B)

 

Penulis : Jefri Ibnu
Editor   : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com