OJK Awasi Jasindo Dalam Penyaluran Asuransi Nelayan di Sultra

Kepala OJK Sultra, Widodo
Widodo

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengawasi penyaluran bantuan premi asuransi nelayan (BPAN) di wilayah Sultra melalui Industri Jasa Keuangan (IJK) PT Asuransi Jasa Indonesia (Asuransi Jasindo).

Kepala OJK Sultra, Widodo
Widodo

Kepala OJK Sultra, Widodo mengatakan, OJK sebagai pengawas industri jasa keuangan harus memonitor pelaksanaan implementasi dari penyaluran premi asuransi nelayan tersebut. Pihaknya, bersama pemerintah daerah bersinergi untuk mempercepat akses keuangan masyarakat nelayan agar meningkatkan perekonomian nelayan.

Salah satu caranya mengeluarkan kebijakan-kebijakan seperti subsidi untuk premi yang ditanggung oleh pemerintah pusat, sehingga, memberikan kenyamanan bagi nelayan di daerah dalam melakukan pekerjaannya di laut.

iklan zonasultra

“Saat terjadi kecelakaan atau meninggal, ada cover asuransi sehingga kebutuhan keluarga dapat berjalan lancar dan anak dapat tetap bersekolah,” ujar Widodo saat diwawancarai usai menghadiri acara kick off meeting BPAN di Plaza Inn Kendari, Rabu (26/7/2017).

Selain itu, melalui OJK akan dihubungkan dengan Bank Sultra, sehingga bank daerah ini bisa menyalurkan kredit. Widodo juga berharap dari bank Sultra agar skema kredit tidak sama dengan bunga kredit pada umumnya (lebih rendah) agar dapat membantu mempercepat taraf hidup perekonomian nelayan itu sendiri.

“Nelayan tidak hanya mendapat pelayanan dari asuransi, tetapi juga pembiayaan dari perbankan untuk keperluan kapal dan kebutuhan lainnya,” tambahnya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here