Tampilan Desktop



Operasi Patuh, Satlantas Polres Konsel Tilang 434 Pengendara
82 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Giat operasi patuh yang digelar Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) selama dua minggu telah menilang 434 pengendara pelanggar lalu lintas di daerah itu.

Operasi Simpatik Polres Bombana Kedepankan Sosialisasi

Ilustrasi

Kasat Lantas Polres Konsel Inspektur Polisi Satu (Iptu) Izak mengatakan, dari 434 pelanggaran tersebut didominasi oleh pelanggaran pengendara kendaraan roda dua. “Tidak mempunyai surat-surat sebanyak 218 motor, tidak menggunakan helm 29 motor, tidak layak jalan 49 motor,” kata Izak di ruang kerjanya, Selasa (23/5/2017).

Sementara untuk kendaraan roda empat, lanjut Izak, totalnya sebanyak 138 diantaranya tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 62 pelanggar, tidak menyalakan lampu utama 1 pelanggar, tanpa menggunakan plat kendaraan 1 pelanggar, kelebihan muatan 5 pelanggart, dan tidak punya surat surat kendaraan sebanyak 69 pelanggar.

“Untuk tahun 2017 ini kita mengalami peningakatan pelanggar, dibanding di tahun 2016 kemarin yang hanya 417 pelanggar,” ujarnya.

Dikatakan Izak, untuk pembayaran penilangan sekarang dilakukan melalui elektronik tilang, yaitu pembayaran dilakukan melalui bank BRI. Hal ini dapat menanggulangi perbuatan pungli yang dilakukan anggota yang bertugas di lapangan. Harga pembayaran pun bervariasi, mulai Rp 70 ribu hingga Rp 100 ribu tergantung beratnya pelanggaran. “Uangya langsung masuk ke kas negara,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat Konawe Selatan agar menumbuhkan kesadaran berkendara. Sebelum berkendara agar memerhatikan surat-surat kendaraan, intinya kesadaran berlalulintas harus tertib agar keselamatan dapat terjamin. (B)

 

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free