Tampilan Desktop

Operasi Zebra di Sultra Jaring 3.482 Pelanggar Lalu Lintas
76 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra Kombes Pol Rudi Antariksawan
mengatakan, selama operasi zebra berlangsung, petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra telah melakukan penindakan terhadap 3.482 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kombes Pol Rudi Antariksawan

Kombes Pol Rudi Antariksawan

Rudi merinci, dari 3.482 pelanggaran tersebut, 3.319 pelanggar ditindak dengan tilang dan 163 ditindak dengan teguran. “Pola operasi ini dititikberatkan kepada tindakan-tindakan terhadap pelanggaran lalu lintas kasat mata, atau pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas,” ungkap Rudi di Ditlantas Polda Sultra, Kamis (1/12/2016).

Rudi mengatakan, pelanggaran ini didominasi oleh pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, pengendara melawan arus, pelanggaran rambu-rambu lalu lintas, dan pelanggaran karena tidak dilengkapi dokumen atau surat-surat kendaraan.

“Pola penindakan yang kita lakukan pada tahun ini yakni mobile sistem atau hunting sistem. Jadi tidak menetap di jalan atau melakukan razia, tapi melakukan patroli dan menindak pengendara yang melanggar,” jelasnya.

Untuk profesi para pelanggar yang telah ditindaki, lanjut Rudi, masih didominasi oleh swasta, pelajar serta mahasiswa. Untuk meminimalisir pelanggaran yang banyak dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa, Dirlantas Polda Sultra berencana akan melakukan kordinasi dengan sekolah-sekolah dengan memberikan sosialisasi terhadap siswa.

Rudi menambahkan, selama operasi berlangsung ditemukan kecelakaan lalu lintas sebanyak 31 kejadian dengan rincian meninggal dunia sebanyak  enam orang, luka berat delapan orang dan luka ringan sebanyak 33 orang.

“Untuk lakalantas, jenis kendaraan yang banyak itu adalah sepeda motor dengan pengendara yang didominasi swasta, serta pelajar dan mahasiswa. Jadi data pengemudi yang mengalami kecelakaan ini sama dengan data pelanggar lalu lintas,” jelas Rudi.

Operasi zebra yang dilaksanakan pihak Ditlantas Polda Sultra ini merupakan cipta kondisi untuk operasi berikutnya yaitu operasi lilin menjelang Natal dan Tahun Baru. (B)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com