Tampilan Desktop


Over Kapasitas, KM Aksar Saputra 9 Ditahan Sahbandar
320 Dibaca

Over Kapasitas, KM Aksar Saputra 9 Ditahan Sahbandar

KAPAL PENUMPANG : Kapal Motor (KM) Aksar Saputra 09 tampak sesak dipenuhi penumpang yang hendak ke Kendari. Para penumpang ini akan menghadiri pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi, Selasa (28/6/2016). DURIANI/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI– Kapal Motor (KM) Aksa Saputra 09, yang mengangkut ribuan penumpang dari Wangi-Wangi, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tujuan Kendari terpaksa ditahan oleh pihak Sahbandar pelabuhan unit Wanci.

KM Aksar Saputra 09 terpaksa ditahan lantaran kelebihan (over) kapasitas muatan. Ribuan warga Wakatobi yang akan berangkat menuju Kendari adalah untuk menghadiri dan menyaksikan pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi di Kendari, Selasa 28 Juni 2016.

Salah seorang penumpang KM Aksar Saputra 09, Arjuno, saat ditemui di atas kapal Senin (27/6/2016) mengatakan, pihak Sahbandar menahan keberangkatan kapal itu karena kelebihan muatan.

Kata Arjuno, KM Aksar Saputra 09 hanya berkapasitas sekitar 650 orang, namun ada hampir 2000 penumpang. Sehingga demi keselamatan kapal dan penumpang terpaksa ditahan sambil dicarikan alternatif dengan panitia lokal pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi.

KM Aksar Saputra 09

KM Aksar Saputra 09

“Tadi pihak sahbandar turun di atas kapal dan melarang kapal untuk berangkat karena kelebihan muatan. Katanya kapal ini hanya bisa muat 650 orang. Tapi penumpang di atas kapal ini sudah 100 lebih. Tadi itu juga pihak sahbandar diarahkan panitia lokal pelantikkan untuk mencarikan solusi seperti menambah armada,” ungkap Arjuno mengutip pernyataan pihak Sahbandar.

Pihak Sahbandar pelabuhan Wanci saat hendak dikonfirmasi sedang sibuk dengan pihak panitia pelantikkan. Dimana pihak sahbandar memberikan pemahaman agar keselamatan itu lebih utama.

Pantauan Zonasultra.com, ada sekitar 1000 lebih atau mendekati angka 2000 penumpang KM Aksar Saputra 09 terpaksa harus duduk berdesakan di dalam kapal sambil menunggu waktu keberangkatan. Belum lagi masih tersisa calon penumpang yang masih di atas dermaga.

Namun ada juga sebagian penumpang Aksar Saputra berpindah ke kapal reguler yakni KM Agil Pratama. Namun di KM Agil Pratama harus membeli tiket layaknya penumpang biasa. Sedangkan di KM Aksar Saputra 09 ditanggung pihak panitia lokal pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kepastian nasib ribuan penumpang KM Aksar Saputra 09 jam berapa akan diberangkatkan. Karena belum ada informasi dari pihak panitia lokal. (A)

 

Repoter : Duriani
Editor  : Rustam

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com