Tampilan Desktop



Pabrik Pengolahan Sagu di Konawe, Beroperasi Tahun Ini
155 Dibaca

Pabrik Pengolahan Sagu di Konawe, Beroperasi Tahun Ini PENGOLAHAN SAGU – Pembangunan pabrik Pengolahan sagu yang dipusatkan di Desa Labela, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara (Sultra) terus dikebut. (Dedi Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pembangunan pabrik Pengolahan sagu yang dipusatkan di Desa Labela, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi tenggara (Sultra) terus dikebut. Hingga saat ini pembangunannya sudah memcapai 30 persen, ditarget pada bulan Oktober 2017 mendatang pabrik pengolahan sagu tersebut sudah bisa dioperasikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Konawe, Muhamad Akbar menjelaskan, berdasarkan tinjauan di Lokasi pembangunan, para pekerja tidak menemui kendala. Karena sesuai yang ditargetkan pada bulan 10 mendatang pabrik tersebut sudah bisa dilounching.

“Dipastikan pengoperasiannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang, sekaligus uji coba pengolahan sagu perdana sebanyak 25 persen. Dan untuk anggaran pembangunannya sudah mencapai sekitar Rp 300 juta yang bersuber dari Organisasi Pangan dunia atau FAO serta Universitas Halu Oleo. Dan mudah-mudahan pembangunannya tidak menemui kendala,” jelasnya Kamis (9/10/2017)

Pabrik Pengolahan Sagu di Konawe, Beroperasi Tahun IniSebelum dilakukan pembangunan fisik, lanjut Akbar, pihaknya telah melakukan melakukan sosialiasasi dan penyuluhan, agar masyarakat setempat benar-benar siap menjadi pelaku pengelolaan pabrik sagu tersebut. Pabrik tersebut akan menghasilkan tepung sagu sebagai bahan konsumsi utama masyarakat Konawe, sekaligus salah satu solusi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Pembuatan pabrik pengolahan sagu ini selain untuk menyerap tenaga kerja lokal, sekaligus upaya untuk menyelamatkan tanaman sagu dari kepunahan, serta menduukung Kedaulatan Pangan di Konawe” katanya

Masyarakat Konawe menyambut baik pembangunan pabrik pabrik sagu tersbut. Sumarno (47) salah seorang warga mengaku senang karena dengan adanya pabrik ini masyarakat tidak perlu bersusah payah harus membuat sagu secara manual lagi.

“Itu berguna untuk kami masyarakat yang dibantu oleh Pemerintah, karena sagu saat ini masih dikelola secara manual, dan kami masyarakat mengharapkan yang terbaik dengan pabrik sagu ini,” terangnya

Berdasarkan data saat ini luas hutan sagu sekitar 2.068 hektar, yang tersebar di beberapa kecamatan diantaranya di Kecamatan Besulutu, Bondoala, Sampara, Meluhu, Puriala, Abuki dan Asinua. (B)

 

Penulis ; Dedi Finafiskar
Editor Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com