Tampilan Desktop


Pakar IT: USN Akan Jadi Kampus Cyber Pertama di Indonesia
657 Dibaca

Pakar IT: USN Akan Jadi Kampus Cyber Pertama di Indonesia

Program Kampus Cyber: Pakar IT Indonesia, Prof. Onno Widodo Purbo (tengah), bersama rektor USN Kolaka, Azhari dan dekan Fakultas Tehnik Informasi USN, Mustafa M Nur membahas pembuatan program kampus cyber di USN Kolaka, Kamis (21/1/2016). Abdul Saban/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pakar informasi dan teknologi (IT) Indonesia, Professor Onno Widodo Purbo menggagas sistem kampus cyber di Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka.

Kampus cyber menurut Guru Besar IT Universitas Surya Jakarta ini adalah sebuah sistem komputer yang menjadikan internet sebagai alat bantu agar mahasiswa mudah mengakses ilmu dan informasi.

“Selain memiliki perpustakaan digital, program kampus cyber ini memiliki sistem komputerisasi yang berjejaring interkoneksi dengan sistem perkuliahan dalam kampus USN,” jelas Onno di kampus USN, Kamis (21/1/2016).

Beberapa sistem yang akan dibangun dalam program kampus cyber ini adalah server elearning, dimana mahasiswa dapat diajari melalui internet. Tehnik ini juga akan digunakan dalam ujian seleksi penerimaan mahasiswa di USN. Kelebihannya, sistem ini dapat meminimalisir penggunaan anggaran.

Selanjutnya, program kampus cyber itu juga didukung dengan istem ujian online, belajar online, perpustakaan online yang dapat diakses oleh mahasiswa USN secara gratis.

Selain itu, kampus cyber ini digadang-gadang ini akan mengakomodir sistem management pengelolaan kampus secara online yang dapat dipantau oleh publik dimanapun.

Menurut Onno, jika hal ini sampai dilakukan, maka USN akan menjadi satu-satunya kampus yang memiliki sistem transparansi management kampus pertama di Indonesia untuk saat ini.

Namun demikian, untuk membangun program itu, Onno melihat beberapa persoalan infrastruktur di Kolaka yang belum memadai. Misalnya, suplai pasokan listrik dan jaringan telekomunikasi yang minim.

“Selain itu, yang paling fundamental adalah dibutuhkan kapasitas SDM yang handal biasa menggunakan internet,” katanya.

Ketika ditanya alasanya bersedia di kampus USN, Onno mengatakan, mimpinya untuk membangun Indonesia adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang murah namun berkualitas, sehingga masyakarat Indonesia mampu hidup dari otaknya sendiri, bukan hanya dari otot.

“USN adalah kampus yang berada di kabupaten dan berada di derah timur yang minim akses teknologi. Jadi kalau kampus ini sudah terupgrade kualitasnya, maka sekolah dan kampus disekitar Sulawesi juga akan mengikuti standar kualitas USN,” ujarnya.

 

Penulis : Abdul Saban
Editor : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

1 Comment

  1. Kyanzsup 22 Januari 2016 at 8:00 pm

    yah baru akan too.. !
    Smoga di Kampus 2 yg baru di Anawoi Bisa Terwujud cita2nya :)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com