Tampilan Desktop


Pameran Pendidikan Tinggi Kopertis IX Diserbu Ribuan Siswa
82 Dibaca

Pameran Pendidikan Tinggi Kopertis IX Diserbu Ribuan Siswa

Sekpel Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Dr.Hawignyo, MM (ketiga dari kiri) dan Asisten III Kantor Gubernur Sulsel, Dr.H.Ruslan Abu, SH, MH (kanan), mengunjungi stand kampus UPRI Makassar diterima rektornya, Dr.Hj.Andi Niniek F.Lantara (tengah).

 

ZONASULTRA.COM, MAKASSAR – Pembukaan Pameran Perguruan Tinggi Sulawesi ke-7 bertajuk, Sulawesi Education & Techno Expo 2016, Selasa 23 Pebruari 2016 di Celebes Convention Center Makassar, diserbu ribuan siswa yang datang dari SLTA se-Kota Makassar dan sekitarnya.

Acara rutin tahun Kopertis IX Sulawesi ini diikuti 64 kampus dan insitusi pendidikan dari Sulawesi, Jawa dan Bali. Tahun 2016 pertama kalinya ikut hadir Akademi Angkatan Laut (AAL) RI di Surabaya. BPSDM Kementerian Perhubungan, Universitas Mercu Buana, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Institut Ilmu Kesehatan Kediri, UPRI Makassar, STIKES Muhammadiyah Sidrap, Universitas Satria Makassar, Unasman Polman, dan masih banyak lagi kampus lainnya.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi diwakili Sekpel Kopertis IX, Dr.Hawignyo, MM dalam sambutan pembukaan mengatakan, pameran pendidikan ini memberi pilihan bagi siswa calon mahasiswa untuk mengetahui secara langsung kampus yang jadi cita-citanya.

Sisi lain, pemerintah tidak mungkin menyelenggarakan pendidikan sendiri, sehingga peran dan keterlibatan masyarakat juga sangat menentukan. Data terakhir menunjukkan, dari 4300 perguruan tinggi, hanya 134 kampus dikelola pemerintah sisanya adalah dari masyarakat.

Pameran Pendidikan Tinggi Kopertis IX Diserbu Ribuan Siswa

Suasana pembukaan acara Pameran Perguruan Tinggi Sulawesi ke-7, Selasa, 23 Perruari 2016 diikuti ribuan siswa dan masyarakat Kota Makassar memadati arena pameran di CCC Makassar itu.

Gubernur Sulsel diwakili Asisten III, Kantor Gubernur, Dr.H.Ruslan Abu, SH, MH dalam sambutannyan mengemukakan, kegiatan diselenggarakan Kopertis IX ini cukup aspiratif,  karena memberi informasi semakin luas kepada masyarakat terutama siswa memilih kampus untuk melanjutkan studinya.

Pemerintah provinsi merespon kegiatan ini, kedepan agar lebih ditingkatkan pelaksanaannya dengan bervariasi kampus negeri dan swasta jadi peserta entah dari Makassar dan dari luar Sulsel, tandasnya.

Pelaksana kegiatan, Micepro Indonesia, Hizar Henriko bersama Dodi Johan menambahkan, pameran kali ini selain menyajikan informasi kampus dan lembaga pendidikan juga menyajikan kreasi seni dari mahasiswa dan siswa. Tarian Makassar, Bugis dan Mandar serta Toraja dan etnis lainnya juga akan ditampilan selama pameran yang berlangsung 23-25 Pebruari 2016, kata keduanya, seraya menambahkan tema diusung kali ini adalah, Saatnya Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Bermutu, tandasnya.

Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) Polman, Dra.Hj.Chuduriah Sahabuddin, M.Si di arena pameran mengatakan, ikut pameran karena ingin  melakukan sosialisasi dan publikasi kampus di luar Sulawesi Barat. Promosi dan publikasi sangat dibutuhkan untuk menjadikan kampus bertahan dan survive di tengah era persaingan bebas apalagi memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), tandas kandidat doktor sosiologi PPs-UNM ini.

 

Penulis : Yahya Mustafa

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com