Panggung Bernuansa Keraton Buton dan Tugu MTQ Hiasi Rakernas ASPEDI

97
Panggung Bernuansa Keraton Buton dan Tugu MTQ Hiasi Rakernas ASPEDI
RAKERNAS - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (ASPEDI) Indonesia ke V berlangsung di Kota Kendari, Rabu (27/2/2019). (Ilham Suharmin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Jasa Dekorasi Indonesia (ASPEDI) Indonesia ke V berlangsung di Kota Kendari, Rabu (27/2/2019).

Mengusung tema kedaerahan Bumi Anoa, panggung acara rakernas ini dibuat layaknya miniatur keraton buton. Selain itu, miniatur tugu persatuan MTQ juga menjadi salah satu bagian dari ikon yang ditonjolkan pihak ASPEDI.

Kemudian, pihak pelaksana juga mengusung tema Rakernas menggunakan bahasa daerah yang ada di Bumi Anoa yakni Samaturu, Medulu Ronga Mepokoaso.


Tema itu pun diterjemahkan dengan maksud meningkatkan daya saing pengusaha dekorasi dalam pembangunan nasional di sektor ekonomi kreatif.

Ketua Panitia Rakernas V ASPEDI Ahmad Ismail mengatakan, tema dekorasi yang diusung dalam acara Rakernas ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya untuk mempromosikan budaya lokal yang ada di Sultra.

Apalagi, banyak peserta yang hadir dalam Rakernas ini datang dari luar Sultra seperti Kalimatan Timur (Kaltim), Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta, Sumatera Barat (Sumbar), Jogjakarta, Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

“Kita buat panggung mirip keraton Buton dan bisa memberikan kesan kedaerahan,” kata Ahmad.

Filosofi yang diangkat dalam dekorasi tersebut adalah pihkanya ingin memberikan pemahaman kepada peserta, jika Benteng Keraton Buton adalah salah satu benteng terluas di dunia serta tugu persatuan MTQ sebagai simbol persatuan masyarakat Bumi Anoa.(a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib