Tampilan Desktop

Panwaslih Buton Batalkan Putusan KPU Tentang Penetapan Calon Tunggal
496 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO –  Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwaslih) Kabupatan Buton Sulawesi Tenggara merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  kembali membuka pendaftaran bagi pasangan  kepala daerah Hamin- Farid Bachmid.

Surat Pengunduran Diri Raup Dari DPRD Konut Kini di Tangan Gubernur

Ilustrasi

“Inti hasil putusan Panwas Buton, dalam penetapan sengketa Pilkada Buton ini adalah membatalkan putusan KPU Buton Nomor 43 dan 44 tenang penetapan Paslon tunggal,  dan meminta untuk membuka pendaftaran ulang bagi Hamin-Farid Bachmid”ucap Ketua Panwaslu Buton La Saluru.

La  Suru meminta  agar  pasca keluarnya penetapan agar KPU segera menindak lanjuti keputusan Panwaslih.  Menurut La Suru pihaknya memberikan waktu selama satu minggu  setelah keluarnya keputusan pada Senin 7 November 2016.

“Kita memberikan toleransi waktu satu minggu.  Terhitung sejak keputusan dikeluarkan, “terang La Suru

KPUD Kabupaten  Buton melalui kuasa hukumnya Samiru saat ditemui awak media menyatakan keputusan yang disampaikan Panwas tadi tidak rasional. Alasanya berdasarkan  pertimbangan hukum jelas Saniru, keputusan yang disampaikan Panwaslih tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Samiru mengurai  jika merunut pada proses pendaftaran  lalu,  waktu yang tersisa itu bukan dari kehendak KPU sendiri, karena saat itu yang lakukan evakuasi adalah pihak kepolisian dalam hal ini Polres Buton.

(Berita Terkait : KPUD Tolak Pendaftaran Ulang Hamin-Farid, Pilkada Buton Dipastikan Calon Tunggal)

“Apapun yang akan kami lakukan, dalam hal ini KPU Buton tidak memiliki kewajiban untuk melakukan upaya banding, “ucap Samiru SH.

Samiru melanjutkan  komisioner KPUD Buton berkoordinasi dengan KPU Provinsi atau kepada KPU RI.

Kita sekarang hanya bisa menunggu dari pihak terkait, karena  yang bisa mengajukan banding adalah pihak terkait dalam hal ini pasangan calon Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakri (Umar-Bakry).

Untuk diketahui pasangan  Hamin- Farid Bachmid  mengajukan sengkata  ke Panwaslih terkait keputusan KPUD Buton yang menolak menerima pendaftaran keduanya  pada 23 September lalu .  (C)

 

Reporter : Suparman Nananag
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com