Panwaslu Ajak Masyarakat Butur Turut Awasi Penyelenggaraan Pemilu

0
Ketua Panwaslu Butur Junaiddin
Butur Junaiddin

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak masyarakat utuk turut serta mengawasi jalannya proses pemilihan umum (pemilu) gubernur, bupati, dan walikota yang akan dilangsungkan pada tahun 2018 mendatang.

Ketua Panwaslu Butur Junaiddin
Junaiddin

Saat ini, lembaga tersebut tengah melaksanakan sosialisasi tingkat kabupaten yang dihadiri tokoh masyarakat, pemuda, dan perempuan, serta pihak kepolisian. Dalam Kegiatan yang mengusung tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu” itu dikupas sejumlah aspek yang berkaitan dengan proses pelaksanaan pemilu.

Ketua Panwaslu Butur Junaiddin menyampaikan bahwa pengawasan dalam perhelatan pesta demokrasi tentu sudah menjadi tugas utama mereka. Namun demikian, untuk memaksimalkan peran dalam mengawasi, pihaknya juga membutuhkan peran serta masyarakat.

“Kita memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang keterlibatan mereka juga dalam mengawasi proses penyelenggaraan pemilu,” tuturnya saat diwawancarai usai kegiatan, di Hotel HB Beach, Selasa (7/11/2017).

Dijelaskan pula bahwa, pengawasan ini merupakan pola mengawasi dengan cara partisipatif. Terkait hal ini, pihaknya lebih menititik beratkan pada masyarakat sipil yang tidak bersentuhan langsung dengan salah satu partai politik.

“Melibatkan masyarakat sipil yang tentunya tidak terlibat sebagai pengurus partai politik, tim sukses. Artinya kita anggap masyarakat yang murni lah,” terang Junaiddin. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here