Tampilan Desktop


Panwaslu Buton Tolak Gugatan Paslon Hamin-Farid
128 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra)  akhirnya menolak gugatan mantan bakal calon  pasangan calon Hamin-Farid Bachmid yang ditujukan  ke KPUD  Buton atas penolakan pencalonan keduanya untuk mengikuti Pilkada Buton 2017.

Pilkada Buton, Umar-Bakry Daftar di Lima Partai

Ilustrasi

“Iya kami menolaknya,  karena gugatan mereka masih tentang berkas yang menggunakan partai PKPI,” jelas Ketua  Panwaslu Buton, La Saluru saat dihubungi via telepon Selasa (13/12/2016).

Kata dia, penolakan tersebut dilakukan karena materi  gugatan yang diajukan keduanya masih menggunakan berkas yang sama saat mendaftar di KPU.  Salah satu berkas keduanya menggunakan berkas PKPI yang tidak sesuai dengan SK Kemenhum dan HAM  untuk mendaftar di KPUD Buton pada 29 September lalu.

“Mengacu  pada  surat edaran dari Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) nomor 1708, yang  bahwa dalam  pencalonan menegaskan  bahwa Ketua dan Sekjen PKPI harus sesuai dengan putusan Kementerian Hukum dan Ham  (Kemenkum HAM),” ujarnya .

La Saluru melanjutkan dalam  materi gugatan  Hamin-Farid  tersebut sebenarnya agak berbeda dari sebelumnya tetapi gugatan tersebut lebih fokus pada persoalan PKPI, makanya pihak Panwaslu Buton menolak karena telah berpatokan pada surat edaran Bawaslu Provinsi tersebut.

“Materi persoalannya sih sedikit berbeda, tetapi mereka lebih fokus pada persoalan PKPI,” tambahnya.

Selain itu,  ternyata tim sukses pasangan calon  Umar-Bakry telah mencabut gugatannya terhadap KPUD Buton ke Panwaslu Kabupaten Buton, terkait dibatalkannya keputusan KPU Nomor 43 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan wakil Bupati.  (C)

 

Reporter  :  Suparman Wabula
Editor  :  Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free