Partisipasi Pemilih di Mubar Tertinggi Se-Sultra

0
Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Mubar Al Munardin
Al Munardin

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Partisipasi pemilih di Kabupaten Muna Barat (Mubar) pada pemilihan kepala daerah serentak pada Rabu (15/2/2017) tertinggi dari tujuh daerah yang menghelat pesta demokrasi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPU) Mubar Al Munardin
Al Munardin

Ketua KPU Mubar, Al Munardin mengklaim dari tujuh daerah yang mengelar Pilkada serentak se – Sultra, partisipasi pemilih di Mubar mencapai 84.8 persen.

“Berdasarkan data C1 KWK Pilkada serentak di Sultra 2017, Mubar 84,8 persen diikuti oleh Kota Kendari 81,1 persen. Kemudian Bombana 78,7. sementara Kolaka Utara 78,3 persen, Buton Selatan 73,8 persen,Buton 71,1 persen dan untuk urutan ketujuh Buton Tengah dengan capaian 62,9 persen,” kata Almunardin, Minggu (20/2/2017).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menjadi indikator tingginya partisipasi pemilih di Mubar, antara lain, Mubar sebagai daerah otonomi baru, paslon hanya dua, kemudian didukung dengan kinerja penyelenggara yang selalu melakukan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

” Daerah otonomi baru yang menginginkan pemimpin defenitif sebagai pendongkrak animo masyarakat, kinerja masing-masing Paslon dalam merebut suara sehingga memberikan daya tarik dalam menentukan pemimpin kedepan,” tuturnya.

Almunardin berharap, kedepanya pihaknya terus akan memaksimalkan dan mendorong partisipasi pemilih melalui program-progam sosialisasi kreatif untuk menjangkau semua pihak (stakeholders). (B)

 

Reporter : La Ode Pialo
Editor : Kiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here