Tampilan Desktop

Pasar Purirano Dibuka Sabtu dan Minggu
39 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara kembali mengaktifkan Penggunaan Pasar Unit Purirano setelah terakhir berfungsi pada tahun 2003 lalu.

Wali Kota Kendari Asrun mengatakan, pengaktifan kembali pasar ini dilakukan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat, terutama pedagang dan masyarakat di sekitar pasar, apalagi pasar penyangga ini berada di lokasi yang strategis sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga Kelurahan Purirano dan masyarakat Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe.

“Pasar Purirano tidak dimanfaatkan selama ini karena beberapa hal, diantaranya menejemen pengelolaan pasar yang belum optimal, dukungan transportasi yang belum memadai, penataan infrastruktur belum memadai, serta keamanan dan kenyamanan dalam proses jual beli yang belum terjamin,” kata Asrun saat mengaktifkan kembali Pasar Purirano, Sabtu(26/9/2015).

Mengatasi masalah itu, wali kota meminta PD Pasar mengelola pasar itu dengan baik agar tidak dilakukan pengaktifan kembali namun bisa bertahan dan bahkan berkembang. Untuk transportasi, pemerintah kota akan menggunakan bantuan transportasi Damri dari pemerintah pusat dengan rute dari Purirano hingga Bandara Haluoleo.

Direktur PD Pasar Kendari Nico Samara mengatakan, pasar ini akan dibuka setiap Sabtu dan Minggu dengan jumlah kios sebanyak 20 unit dan lebih dari 100 lapak yang disediakan.

“Sementara waktu kita buka Sabtu dan Minggu, tapi kalau ada yang mau menjual setiap hari boleh juga. Saat ini tersedia 20 unit kios, lapak pedagang kami sediakan sekitar 125 unit yang bisa digunakan para pedagang sayur dan pakaian, tersebar di halaman dan belakang pasar,” katanya.

Untuk keamanan pasar, PD pasar sudah menyiapkan tenaga pengamanan yang akan berjaga 24 jam.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com