Tampilan Desktop

Pasar Sentral Wua-Wua Diresmikan Besok
268 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasar Sentral Wua-Wua akan dresmikan Selasa (1/11/2016) besok, walaupun bangunan belum selesai seluruhnya. Peresmian pasar itu tetap dilakukan karena bahan-bahan bangunan yang sering hilang dan kaca banyak yang pecah.

Nahwa Umar

Nahwa Umar

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, pihaknya mulai menata dan mengisi lods yang akan ditempati para pedagang, sehingga saat peresmian besok pemerintah kota yang hadir dalam peresmian itu bisa mengunjungi lods-lods yang sudah terisi.

“Pasar panjang itu hanya digunakan sementara, para pedagang telah menandatangani surat persetujuan. Jika pembangunan pasar telah selesai, mereka akan kembali pindah,” jelas Nahwa saat ditemui di Pasar Sentral Wua-Wua, Senin (31/10/2016).

Selain diisi dengan pedagang yang telah disubsidi, pedagang non subsidi juga berdagang di pasar ini. Kata Nahwa, pedagang yang disubsidi tersebut adalah pedagang korban kebakaran beberapa tahun lalu. Sedangkan pedagang non subsidi adalah pedagang yang sebelumnya berdagang di tempat lain dan bisa juga membeli lods disini.

Kadispenda itu, mengatakan jumlah lods 700 lebih. Untuk pedagang yang disubsidi ada 400 lebih. Ada beberapa lods belum diisi oleh pedagang karena mereka belum melunasi pembayaran lods. Pedagang subsidi, katanya saat ditanya oleh zonasultra.com sudah seluruhnya mendaftar. Hanya saja, pedagang yang disubsidi belum melunasi pembayaran lods.

“Baru sekitar 40 persen dari jumlah 400 lebih itu. Mungkin, mereka akan melunasi jika sudah diresmikan dengan membayar sekaligus,” katanya.

Sementara itu, lanjut Nahwa, para pedagang sudah diberikan kemudahan dengan mencicil sejak Desember 2015 sampai peresmian. Dengan diberikan sertifikat, yang berisi beberapa perjanjian untuk melunasi sampai saat peresmian. Tetapi, pada kenyataannya mereka belum menyelesaikan pembayaran.

“Padahal mereka bisa meminjam di bank dengan menggunakan sertifikat yang diberikan. Dan beberapa bank juga siap melayani permintaan pedagang,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com