Pasca Banjir, Pemda Konut Catat Ratusan Hektar Lahan Pertanian Puso

0
Terendam Banjir, Ribuan Jagung dan Cabai di Konut Gagal Panen
JAGUNG DAN CABAI TERNDAM BANJIR-Terlihat ribuan pohon jagung yang berada di Desa Andomowu Kecamatan Lasolo terendam banjir, dan ribuan pohon cabai yang hanyut terbawah arus sungai Waworaha tak ada sisa akibat diguyur huja deras sejak malam tadi, hingga membuat warga mengalami kerugian mencapai ratusan jutah rupiah. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

Terendam Banjir, Ribuan Jagung dan Cabai di Konut Gagal Panen TERENDAM BANJIR – Terlihat ribuan tanaman jagung yang berada di Desa Andomowu Kecamatan Lasolo terendam banjir beberapa waktu lalu. Akibatnya, membuat warga mengalami kerugian mencapai ratusan jutah rupiah. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pasca musibah banjir beberapa waktu lalu yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Dinas Pertanian setempat mencatat sekitar 93 hektar sawah dan 17 hektar jagung hibrida diperkirakan mengalami gagal panen.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Distan Konut Jahidin mengatakan, secara keseluruhan luasan sawah masyarakat yang terendam banjir seluas 187 hektar, yang tersebar di Kecamatan Oheo, Andowia, Lasolo, Sawa dan Motui.

“Yang kategori gagal panen itu ada 93 hektar, yang lainnya itu rusak,” ujar Jahidin, Kamis (25/5/2017).

Baca Juga : Terendam Banjir, Ribuan Jagung dan Cabai di Konut Gagal Panen

Lanjutnya, untuk tanaman jagung hibrida yang mengalami gagal panen tersebar di Kecamatan Wiwirano Desa Padalere Utama seluas 12 hektar dan di Kecamatan Landawe Desa Hialu Utama seluas 5 hektar.

Langkah yang akan diambil oleh Dinas Pertanian setempat adalah memasukan data tersebut ke Dinas Perkebunan Provinsi, agar di musim tanam selanjutnya petani mendapatkan bantuan benih padi dan jagung. (B)

 

Reporter : Murtaidin Mumu
Editor : Tahir Ose

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here