Tampilan Desktop

Pasca Pendudukan Buruh, Kantor Koperasi UMKM Sultra Dipenuhi Coretan
64 Dibaca

PASCA DEMO- Pasca demo yang dilakukan ribuan buruh kapal Pelabuhan Pelindo Kendari menyebabkan aktivitas Dinas Koperasi, Usaha, Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lumpuh hingga hari ini, Rabu (1/6/2015). Selain itu kondisi kantor terlihat sangat kotor dengan coretan pada dinding kantor. ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM

PASCA DEMO– Pasca demo yang dilakukan ribuan buruh kapal Pelabuhan Pelindo Kendari menyebabkan aktivitas Dinas Koperasi, Usaha, Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) lumpuh hingga hari ini, Rabu (1/6/2015). Selain itu kondisi kantor terlihat sangat kotor dengan coretan pada dinding kantor. ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Ratusan buruh pelabuhan yang tergabung dalam Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Karya Bahari Kendari, menyegel dan menduduki kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (1/6/2016).

Massa menginap di kantor tersebut, pasca demo yang dilakukan para buruh, Selasa (31/5/2016). Akibatnya, kondisi kantor koperasi dan UMKM Sultra sangat memprihatikan.

Berdasarkan pantaun awak zonasultra.com, para buruh membuat tenda di depan kantor. Mereka juga mengungkapkan kekesalannya dengan mencoret dinding dalam maupun luar kantor koperasi.

Sejumlah tulisan yang menjadi salah satu tuntutan pihak buruh yakni meminta jabatan kepala bidang koperasi segera dicopot. Selain itu, terdapat sejumlah tulisan berisi makian seperti “LD. Andi Pili Tolol” dan “Disegel kantor “.

Tak hanya itu, pagar kantor depan yang berada di ujung kanan dihancurkan hingga patah oleh pihak buruh. Kemudian, seluruh pintu yang menjadi ruangan pejabat terkunci rapat.

Massa buruh kemudian membubarkan sekitar puku 15.49 wita sore tadi. Mereka bertolak pulang menuju ke arah kota lama.

Salah seorang petugas yang ditemui dan enggan disebutkan namanya, hanya memberikan komentar pendek. Ia menjelaskan bahwa hari ini tidak ada aktivitas kantor sambil memperlihatkan kondisi dalam kantor.

“Nanti saja tanya yang lain, saya tidak bisa berikan konfirmasi apapun yang jelas besok masih libur mungkin lusa baru ada aktivitas,” ungkapnya saat ditemui. Rabu (1/6/2016).

Seperti diberitakan sebelumnya, para pendemo melakukan aksi demo kemarin, Selasa (31/5/2016) di dua titik yakni kantor Dinas Koperasi, Usaha, Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sultra dan Kantor DPRD provinsi Sultra.

Aksi para buruh itu buntut dari pengesahan Koperasi Serba Usaha (KSU) Tunas Bangsa Mandiri oleh kepala dinas koperasi dan UMKM Sultra dninilai cacat hukum. (B)

 

Penulis : Ilham Surahmin
Editor  : Kiki

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com