Tampilan Desktop


Pastikan Mudik Aman, Dirlantas Polda Sultra-Jasa Raharja Periksa Kesehatan Sopir Angkutan Umum
52 Dibaca

Pastikan Mudik Aman, Dirlantas Polda Sultra-Jasa Raharja Periksa Kesehatan Sopir Angkutan Umum

PEMERIKSAAN KESEHATAN – Dirlantas Polda Sultra Kombes Pol Rudi Antariksawan bersama Kepala Cabang Jasa Raharja Sultra Nano B. Tjahjono saat memberikan penyampaian kepada para sopir angkutan umum di Terminal Puwatu, Senin (4/7/2016). Untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas, Dirlantas Polda Sultra dan instansi terkait melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para sopir di Terminal Puwatu dan Terminal Baruga. (JUMRIATI/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan supir angkutan umum di Terminal Puwatu dan Terminal Baruga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam giat aksi simpatik yang digelar Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sultra bersama Jasa Raharja Sultra, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan Sultra, Senin (4/7/2016).

Dirlantas Polda Sultra Kombes Pol Rudi Antariksawan mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini untuk memastikan para sopir angkutan umum, baik angkutan yang melayani trayek antar kota dalam provinsi (AKDP) maupun trayek antar kota antar provinsi (AKAP) benar-benar layak untuk mengemudikan kendaraannya dari terminal hingga tempat tujuan. Hal ini juga untuk meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas yang biasanya disebabkan oleh kelalaian sopir itu sendiri.

Dengan pemeriksaan ini, lanjut dia, akan terdeteksi sopir yang kelelahan atau kondisi fisik tidak fit, sehingga perlu istirahat dulu. Semua yang diperiksa pun mendapat obat atau vitamin.

“Pemeriksaannya ini meliputi tekanan darah, tes kadar alkohol dan juga narkoba. Kalau tensi darahnya naik kan berarti yang bersangkutan begadang. Kalau ada kondisi seperti ini sopir tersebut kita harus istirahatkan, jangan sampai dia mengantuk yang bisa berakibat fatal,” terang Kombel Pol Rudi.

Kepala Cabang Jasa Raharja Sultra Nano B. Tjahjono menambahkan, pemeriksaan kesehatan bagi para sopir ini dalam rangka mencegah dini terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pihaknya juga membuka posko pelayanan pengobatan gratis di 9 pelabuhan, dua terminal dan satu bandara di Sultra untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para sopir maupun penumpang yang akan mudik.

“Untuk pengemudi bawalah penumpang dengan baik, kalau merasa kurang fit silahkan periksa kesehatan di pos pelayanan yang kami buka mulai H-7 hingga H+7 nanti,” kata dia.

Dalam pemeriksaan ini, diketahui hanya ada satu sopir yang memiliki tekanan darah tinggi sehingga untuk sementara dirinya diminta istirahat. (B)

 

Reporter: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com