Tampilan Desktop


Pastikan Pelayanan Maksimal, Komisi IX DPR RI Sambangi BPJS Kendari
143 Dibaca

Pastikan Pelayanan Maksimal, Komisi IX DPR RI Sambangi BPJS Kendari

Kunjungan Komisi – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Syamsul Bahri saat bertanya kepada peserta BPJS terkait pelayanan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kendari, Jumat (26/2/2016). (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Enam anggota Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan ke Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jum’at (26/2/2015).

Wakil Ketua Komisi IX Syamsul Bahri yang ikut dalam rombongan ini mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat langsung data-data di lapangan terkait peserta BPJS kategori penerima bantuan iuran (PBI) sekaligus melihat langsung bagaimana pelayanan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta, baik PBI maupun mandiri.

“Kita juga ingin mengetahui sejauh mana sinergitas antara dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota dengan BPJS kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Syamsul.

Dia mengakui bahwa pertumbuhan kepesertaan BPJS hingga saat ini masih cenderung melambat, penyebaran yang tidak merata ditambah tenaga kesehatan yang juga masih kurang.

Hasil dari kunjungan ini, lanjut Syamsu akan dijadikan rekomendasi ke Kementerian Kesehatan sehingga tidak ada lagi masyarakat yang mengeluhkan pelayanan BPJS.

“Tidak usah takut untuk berobat. Ada BPJS yang membiayai,” ucap Syamsul.

Tahun ini, kata dia, pemerintah telah menganggarkan Rp 25 triliun untuk membiayai PBI.

Untuk diketahui, peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS) PBI di Sultra pada tahun 2016 berdasarkan SK Menteri Sosial Nomor 170/HUK/2015 tentang Penetapan Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan 2016 ada sebanyak 1.048.076 jiwa, terdiri dari Kantor Cabang Kendari yang meliputi Kota Kendari, Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan dan Bombana sebanyak 628.957 jiwa.

Selanjutnya Kantor Cabang Baubau meliputi Kota Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Buton Utara, Muna, Muna Barat dan Wakatobi sebanyak 419.119 jiwa.

 

Penulis : Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com