Tampilan Desktop


Pastikan Pendaftaran Balon Kepala Daerah Berjalan, KPU Provinsi Sultra Lakukan Monitoring
13 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijalankan di tujuh KPU kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra) terus dimonitoring KPU provinsi setempat. Termasuk pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah yang saat ini tengah berjalan.

Dalam tahapan ini, lima komisioner dan sejumlah pejabat sekretariat KPU Provinsi Sultra berbagi tugas untuk turun langsung menyaksikan pendaftaran balon di tujuh KPU kabupaten.

“Tugas kami di KPU provinsi yakni melakukan monitoring terhadap segala tahapan-tahapan yang dilakukan KPU Kabupaten untuk memastikan apakah berjalan atau tidak dan saya memilih di Butur,” kata Ketua KPU Provinsi Sultra Hidayatulah, Senin (27/7/2015), di kantor KPU Butur.

Kedatangan Hidayatullah di Butur tersebut bertepatan dengan pendaftaran balon bupati petahana Ridwan Zakaria yang berpasangan dengan La Djiru. Ketika melihat proses pendaftaran perdana yang diterima pihak KPU Butur tersebut, iapun menilai sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Pengamatan saya sudah sesuai SOP, tadi sudah diterima tapi masih ada verifikasi selanjutnya yang dilakukan KPU Butur untuk perbaikan selanjutnya,” jelasnya.

Ada tiga elemen lanjutnya, yang harus terpenuhi dan selesai saat balon kepala daerah mendaftar ke KPU. Tiga elemen wajib itu terkait jumlah dukungan kursi atau perolehan suara, kemudian soal keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kepengurusan partai politik pendukung.

“Kalau tiga elemen ini tidak terpenuhi maka tentunya pendaftaran balon ditolak. Saya harap pasangan calon dan KPU selalu berkoordinasi terkait syarat atau perbaikan, ” pungkasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com