Tampilan Desktop

Pedole-dole Jadi Warisan Budaya Tua Buton
80 Dibaca

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Salah satu rangkaian Festival Budaya Tua Buton yang diselenggarakan Pemkab Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra),  adalah Pedole-dole yang digelar di Lapangan Banabungi Pasar Wajo, Senin (24/8/2015). Kegiatan ini merupakahn salah satu budaya yang masih dipertahankan sampai saat ini untuk memberikan ketahanan tubuh kepada seorang bayi atau balita.

Wakil Bupati Buton, La Bakri, mengatakan jika  di jaman moderen pedole-dole ini adalah salah satu bagian dari umunisasi lengkap kepada seorang anak agar kekebalan tubuhnya dapat terjaga dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu ia berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan.

“Acara ini juga sudah mendapatkan kalender tetap dari Kementrian Pariwisata sehingga kegiatan ini tersosialisasi dengan baik,” tyerang La Bakri.

Pedole-dole ini mendapat respon dari masyarakat Buton, dan dihadiri beberapa pejabat diantaranya Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Mustari, Pj Bupati Butob Tengah Mansyur Amila, Ketua DPRD Baubau, Roslina, dan yang mewakili Gubernur Sulawesi Tenggara Kapala Dinas Pariwisata Provensi Sulawesi Tenggara.

Hal lain diharapkan dalam menghadapi Visit Buton 2016 mendatang Pemkab Buton sudah lebih siap. Festival Budaya tua menyelenggarakan beberap kegiatan diantarnya Posuo dan Pekande-kandea.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com