Tampilan Desktop


Pelantikan Bupati Koltim dan Konsel Belum Jelas
1102 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pelantikan pasangan calon (paslon) bupati terpilih di Kolaka Timur (Koltim) Tony Herbiansyah–Andi Merya dan Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga-Arsalim sampai saat ini belum dapat dipastikan jadwalnya.

ketua KPU sultra

Hidayatullah

Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Hidayatullah mengatakan, pelantikan itu bukanlah wewenang KPU, sehingga untuk jadwalnya menjadi urusan dan kewenangan pemerintah pusat.

Tugas KPU terakhir sampai pada  pengusulan, pengesahan dan  pengangkatan pasangan calon bupati terpilih dan hasilnya sudah diserahkan ke DPRD setempat tanggal 22 Desember 2015 lalu. Setelah itu kata Dayat, usulan bupati terpilih tersebut akan diteruskan kepada presiden melalui Kementrian dalam negeri (Kemendagri).

“Saya kira kita menunggu saja kapan pelantikannya. Begitu usulan bupati terpilih sudah diserahkan ke DPRD-nya maka selesai sudah tugas KPU,” kata Dayat sapaan karab Hidayatullah, di ruang kerjanya, Senin (28/12/2015).

Dalam proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2015, pemerintah pusat yang akan menjadwalkan apakah pelantikan bupati terpilih akan dilaksanakan serentak atau tidak.

Menurut Dayat, jika dilantik serentak maka harus menunggu pasangan bupati terpilih di 5 daerah lainnya yang saat ini terhambat karena adanya gugatan perselisihan hasil di Mahkamah Konstitusi (MK).

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com