Tampilan Desktop


Pelayanan Disduk Capil Konawe Buruk, Berjam-Jam Warga Menunggu Tak Kunjung Dilayani
104 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA– Jika di Kabupaten Konawe ada penilaian khusus atas pelayanan publik yang diberikan instansi terhadap masyarakat, bisa jadi Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disduk Capil) setempat berada pada posisi terakhir.

Pelayanan Disduk Capil Konawe Buruk, Berjam-Jam Warga Menunggu Tak Kunjung Dilayani

Ilustrasi

Hal ini diungkapkan oleh salah seorang warga Kabupaten Konawe, Sigit yang kecewa atas pelayanan yang diberikan dinas yang dipimpin oleh Abdul Rais sebagai Kepala Dinas (Kadis). Lelaki yang mengaku baru beberapa bulan lalu melakukan pengurusan administrasi itu mengaku kecewa dengan ulah para pegawai yang terkesan mempersulit dalam melakukan pengurusan administrasi kependudukan.

Kekesalan Sigit bermula saat ia dan istrinya mendatangi dinas penerbit berkas kependudukan itu untuk mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Awalnya dia sambut oleh salah seorang staf bagian pendaftaran dan menanyakan apa yang diurus. Setelah menceritakan maksud dan tujuannya, staf tersebut menjelaskan mekanisme pengurusan, karena berkas yang dibawa masih kurang ia pun kembali dan melengkapinya.

“Baru kita ini kasian jauh sekali, masa kita sudah capek-capek menunggu dan juga mondar-mandir untuk melengkapi berkas yang diperlukan. Begitu sudah lengkap mereka (staf) saling tunjuk untuk mengurusnya, bahkan tadi ada yang bilang, kamu saja yang urus tidak ada uangnya,” kata Sigit mengutip perkataan staf yang kala itu melayaninya, Selasa (12/1/2015).

Namun ia tidak terlalu menghiraukannya dan tetap bersabar menunggu panggilan jika masih ada yang diperlukan, tetapi setelah menunggu hingga pukul 16:30 wita, KTP dan KK yang ditunggu tak kunjung ada.

“Seharusnya kan ada pemberitahuan, kalau memang hari ini tidak bisa terbit yah kita diberitahukan supaya kita tidak menunggu dan bisa datang lagi kapan saja jika memang itu sudah ketentuan di kantor ini,” kesal Sigit.

Sigit tidak sendiri, beberapa warga lainnya juga ikut merasakan keburukan pelayanan yang diberikan Disduk Capil Konawe. Bahkan diantara mereka ada yang mengaku sudah mendatangi kantor itu sebanyak tiga hari berturut-turut namun berkas diurus tak kunjung ada.

Dilain pihak, salah seorang staf Disduk Capil yang kebetulan masih ada mengaku jika jam pelayanan sudah selesai, bahkan server tempat pengimputan data sudah dinonaktifkan.

“Pelayanan sudha tidak ada, kalau ada yang mau diurus bisa datang lagi besok,” pendek lelaki yang enggan menyebutkan namanya itu.

 

Penulis : Restu
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com