Tampilan Desktop


Pelayanan Kurang, DPRD Koltim Segera Panggil Dirut PDAM
53 Dibaca

Image
SukirmanZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – DPRD Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan segera memanggil Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat, menyusul semakin buruknya pelayanan perusahaan penyedia air bersih tersebut.
Hal itu disampaikan Sukirman, anggota DPRD Koltim ketika dihubungi Zonasultra.com, Minggu (17/5/2015). Dikatakan, pemanggilan ini bertujuan untuk mendengarkan pertanggungjawaban dari pihak PDAM. Pasalnya, anggaran yang digelontorkan pemerintah daerah untuk penyediaan air bersih di Koltim cukup besar, namun pelayanan yang diberikan tidak sesuai dengan dana yang dikucurkan. 

Politisi asal Partai Golkar ini mengaku sudah banyak pengguna layanan air bersih PDAM yang beralih ke sumur bor, akibat air yang berasal dari PDAM dinilai sudah tidak layak konsumsi terlebih saat musim hujan tiba.

Padahal, lanjut Sukirman, pemerintah sudah berharap dengan kehadiran PDAM di kabupaten yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-2 itu, dapat menjadi solusi krisis air bersih yang kadang melanda Koltim. Pertimbangan ini pula yang membuat pemerintah menggelontorkan anggaran yang begitu tinggi kepada PDAM. 

“Tapi pelayanan dari pihak PDAM semakin buruk saja, dan itu terbukti dengan banyaknya pelanggan yang beralih ke sumur bor. Selain keruh dan tidak layak konsumsi, air PDAM juga sering mati di beberapa wilayah. Inikan sangat berbanding jauh dari yang kita harapkan, seharusnya dengan besarnya anggaran yang dialokasikan untuk operasional, jumlah pelanggan bisa bertambah dan pelayanan juga ditingkatkan, tapi kenyataannya tidak seperti itu,” ungkapnya.

Sukirman menilai, jika hal ini terus dibiarkan berlarut-larut akan berimbas pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD). Sebab rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan PDAM pasti berpengaruh pula terhadap pemasukan kas ke daerah. Dan anggaran yang telah dikucurkan pemerintah tidak akan sebanding dengan penghasilan yang didapatkan.

“Saya yakin jika terus seperti ini, hasil yang didapatkan PDAM hanya bisa untuk bayar pegawai saja, lantas untuk daerah apa? Olehnya itu, dalam waktu dekat ini DPRD Koltim melalui Komisi III akan memanggil pihak PDAM untuk mendengarkan pertanggungjawabannya, karena ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut,” imbuhnya.

Pemanggilan ini, kata Sukirman, terhitung sudah yang kedua kalinya. Dan apabila pelayanan PDAM masih seperti itu pihak DPRD Koltim tidak akan segan-segan mengelurkan rekomendasi pergantian direktur serta akan menyerahkan persoalan tersebut ke pihak berwajib untuk diusut. Ia menilai ada keganjalan antara anggaran yang diberikan pemerintah dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. (Restu)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com

© Copyright 2016 - PT. Citra Media Abadi