Tampilan Desktop



Pembangunan di Daerah Dapat Tekan Urbanisasi Pasca Lebaran
19 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pasca lebaran banyak masyarakat daerah melakukan urbanisasi ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar. Kedatangan mereka ke kota besar mengharapkan kemapanan hidup khususnya dalam mendapat lapangan pekerjaan.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono

Soni Sumarsono

Namun tidak semua harapan itu terwujud. Banyak para perantau tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, malah menambah beban di kota tujuan.

Terkait hal itu, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Soni Sumarsono memacu semua daerah untuk merangsang berbagai investasi pembangunan di daerah termasuk menciptakan lapangan kerja.

“Setiap daerah memiliki mesin pertumbuhan yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah bisa menarik tenaga kerja disana,” ujar Soni di kantornya, Jalan Merdeka Utara No.7 Jakarta Pusat (3/7/2017).

Dengan demikian anggapan bahwa mengadu nasib di kota-kota besar tidak efektif lagi jika di daerah sudah menjamin penghidupan yang layak. Selain itu pemerintah juga memberikan bantuan dana untuk masyarakat daerah khususnya desa-desa untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

“Rp. 64 triliun dana desa harapannya ada aktivitas di desa, sehingga ada mesin pertumbuhan di desa,” ujar Soni lebih lanjut.

Masyarakat desa yang produktif akan mendorong pembangunan di daerah. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free