Tampilan Desktop


Pembangunan Kebun Raya Kendari Dilanjutkan Awal 2017, Ini 7 Item yang Dikerjakan
551 Dibaca

Pembangunan Kebun Raya Kendari Dilanjutkan Awal 2017, Ini 7 Item yang Dikerjakan

KEBUN RAYA – Pembangunan Kebun Raya Kendari tahap 1 sudah tuntas meliputi kawasan berkemah dan fasilitasnya seperti WC dan Musollah, terdapat juga kantor pengelola dan fasilitas jalannya di kawasan ini masih akan dibangun sejumlah fasilitas pendukung kebun raya. (Sumarlin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera) akan melanjutkan pembangunan Kebun Raya Kendari pada 2017 mendatang. Pembangunan tersebut meliputi tujuh item kegiatan diantaranya pendirian bangunan konservasi, bangunan edukasi, bengkel atau zona service, arboretum dan pagar keliling yang dibatalkan pembangunannya pada 2016 ini.

Kepala UPTD Kebun Raya Kendari Laode Yama mengatakan, pembangunan lanjutan tahap dua ini membutuhkan anggaran sekitar Rp 15 miliar sampai Rp 20 miliar. Rencananya pekerjaan lanjutan pembangunan Kebun Raya Kendari akan dilakukan awal tahun 2017.

“Rencananya pekerjaan tahap dua akan dimulai Februari 2017, item pekerjaan itu 6-7 pekerjaan diantaranya guest house, nursery green house dan arboretum, mudah mudahan ini tidak menemui kendala sehingga bisa tuntas sesuai rencana,” kata Yama ditemui Selasa (20/12/2016).

Dalam proses pembangunan kebun raya, lanjut Yama, pihaknya melibatkan LIPI. Selain mengawal pembangunan kebun raya, para peneliti LIPI tersebut bertugas mendata tanaman endemik yang ada dalam kawasan dan menanam sejumlah tanaman untuk menambah koleksi tumbuhan di kebun raya.

“Di Kebun Raya Kendari sudah terdapat sekitar 3.000 bibit tanaman dari 100 spesies yang ditanam oleh staf LIPI yang bekerja di Kebun Raya Kendari. Tanamannya itu ada tanaman obat, tanaman hias dan tanaman langka yang bernilai ekonomis” ungkap Yama.

(Berita Terkait : Pembangunan Kebun Raya Kendari Tahap 1 Tuntas)

Pembibitan ini lanjut Yama merupakan salah satu syarat sebelum peluncuran kebun raya pada 2019 nanti. Sebab syarat kebun raya harus memiliki zona penerima (visitor center dan guest house), kawasan pengelola dan zona koleksi.

Kebun Raya Kendari ini berada di Kelurahan Andonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari dengan luas sekitar 118 hektar. (B)

 

Reporter: Sumarlin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com