Tampilan Desktop


Pembuatan APK Terlambat, KPU 7 Daerah Terancam Digugat Calon Kada
148 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahapan kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 sudah dimulai sejak 28 Oktober 2016. Namun KPU di 7 daerah Pilkada di Sultra belum menyelesaikan pengadaaan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk digunakan calon kepala daerah (Kada).

Pimpinan Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Munsir Salam

Munsir Salam

Pimpinan Bawaslu Sulawesi Tenggara (Sultra) Munsir Salam mengatakan kampanye merupakan hak calon. Undang-undang sudah mengatur sebagian hak tersebut dipenuhi oleh Negara melalui KPU yakni penyediaan APK dan bahan-bahan kampanye lainnya.

“Artinya hak calon harus dijamin oleh KPU. Mestinya sejak dimulainya kampanye 28 Oktober APK sudah harus tersedia. Kalau sampai sekarang belum ada berarti ada perencanaan yang kurang matang oleh KPU,” kata Munsir di Kendari, Rabu (2/11/2016).

Akibat keterlambatan pembuatan APK tersebut, KPU bisa disengketakan oleh pasangan calon (paslon) di Panwas karena ada hak kampanye yang tidak terpenuhi. Kata Munsir, pihaknya  sudah menegaskan agar KPU secepatnya memenuhi hak paslon namun belum sampai mengeluarkan surat teguran.

Saat ini Panwas di 7 daerah Pilkada sudah diarahkan untuk mengawasi proses pengadaan APK. Berdasarkan pantauan panwas,  APK baru proses pencetakan. Setelah itu masih ada lagi proses distribusi dan pemasangan APK yang harus dilaksanakan KPU. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor :  Tahir Ose

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com