Tampilan Desktop



Pemda Bombana Resmikan Enam Kampung KB di Kabaena
92 Dibaca

KAMPUNG KB – Perancangan Kampung KB di Desa Rahadopi, Kecamatan Kabaena, Kabupaten Bombana, Kamis (12/10/2017). (CR3/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM – RUMBIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Bombana melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) saat ini telah mencanangkan 6 desa di daratan Kabaena sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB). Pencanangan Kampung KB ini sebagai tindak lanjut dari program Nawacita Presiden RI, Jokowi Widodo untuk mengurangi jumlah penduduk di Indonesia, dan merupakan wahana pemberdayaan masyarakat.

Dalam peresmian Kampung KB itu, Bupati Bombana Tafdil mengamanahkan kepada setiap camat untuk meresmikan langsung Kampung KB yang dituju. Tafdil menyampaikan pencanangan kampung KB merupakan agenda prioritas pembangunan kesejahteraan di wilayah Kabupaten Bombana.

“Pertumbuhan Demograpi kependudukan dari tahun ke tahun semakin meningkat, sehingga melalui program ini kami selaku Pemda Bombana melakukan upaya penekanan jumlah penduduk melalui program KB ini. Sebab, yang diharapkan pemerintah saat ini adalah peningkatan kualitas SDM, tidak sekedar kuantitas saja,” terang Tafdil dalam peresmian Kampung KB di Desa Rahadopi dan Langkema, Kamis (12/10/2017)

Secara teknis, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Bombana, Abdul Asis menyebutkan, ada 22 desa perwakilan dari 22 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Bombana, namun dalam jangka waktu tiga hari ini. Pihaknya telah mencanangkan enam Kampung KB di wilayah Kabaena

“Saat ini kami telah meresmikan enam Kampung KB di daratan Kabaena, meliputi Desa Rahadopi sebagai perwakilan dari Kecamatan Kabaena, Desa Langkema Perwakilan Kecamatan Kabaena Selatan, Desa Rahantari mewakili Kecamatan Kabaena Barat, Desa Sangia Makmur perwakilan Kabaena Utara, Desa Tangkeno Perwakilan Kecamatan Kabaena Tengah dan Wumbuburo mewakili Kecamatan Kabaena Timur,” jelasnya.

Mantan Kadis Pendapatan Daerah Bombana ini menuturkan, ada beberapa kriteria yang mesti dimiliki oleh desa terpilih mewakili Kampung KB. Katanya, desa terpilih harus masuk dalam kategori terpencil, kepadatan jumlah penduduk, kategori penggunaan KB masih kurang dan fasilitas umum yang minim.

Asis juga menuturkan, masih tersisa 3 desa perwakilan Kecamatan lagi yakni, desa yang berada Kecamatan Masaloka Raya, Mata Usu dan Lantari Jaya. (B)

 

Reporter : CR3
Editor : Kiki

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com